Senin 04 Jan 2021 13:27 WIB

Misi Luar Angkasa yang Bakal Diluncurkan 2021

Tahun 2021 adalah tahun yang penting untuk penelitian ruang angkasa.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Alam semesta (ilustrasi).
Foto:

Mengeksplorasi Planet Ekstrasurya

James Webb Space Telescope yang sangat ditunggu-tunggu, dijadwalkan diluncurkan pada bulan Oktober, akan menjadi observatorium luar angkasa besar NASA berikutnya. Namun, peluncuran teleskop telah ditunda beberapa kali selama bertahun-tahun, dan dapat menghadapi lebih banyak penundaan karena pandemi.

Target tanggal peluncuran baru adalah 31 Oktober 2021. Teleskop akan diluncurkan dari Guyana Prancis. Sebelumnya dijadwalkan untuk diluncurkan pada Maret 2021, ditunda oleh pandemi dan tantangan teknis.

Teleskop akan menjawab pertanyaan tentang tata surya kita, mempelajari planet ekstrasurya dengan cara baru, dan mengintip lebih dalam ke alam semesta daripada yang pernah kita bisa lakukan sebelumnya.  

Cahaya pertama Vera Rubin

Saat Observatorium Vera C.Rubin memulai pengamatan pada tahun 2023 dari pangkalannya di Chili, kameranya sebesar SUV akan dapat menangkap panorama lengkap langit selatan setiap beberapa malam. Ini adalah kamera digital terbesar di dunia, mampu melihat bola golf dari jarak 15 mil sambil mengambil gambar 3.200 megapiksel yang menakjubkan.

'Cahaya pertama' dari observatorium tersebut diharapkan pada tahun 2021. Cahaya pertama adalah gambar astronomi pertama yang ditangkap oleh teleskop setelah selesai dibuat.

Kemampuan observatorium akan memungkinkannya untuk melihat objek redup 100 juta kali lebih redup daripada yang dapat kita lihat dengan mata telanjang. Ini dirancang untuk memetakan Bima Sakti, menjelajahi energi gelap dan materi gelap, dan mensurvei tata surya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement