Rabu 13 Dec 2017 12:05 WIB

Android 8.0 Oreo Hanya Dipasang pada 0,5 Persen Perangkat

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Android Oreo
Foto: Mashable
Android Oreo

REPUBLIKA.CO.ID, Google telah merilis sistem operasi Android 8.0 Oreo ke publik beberapa bulan silam. Namun, situs pengembang Android menunjukkan angka pemasangan yang masih rendah, yaitu hanya pada 0,5 persen perangkat.

Sistem operasi Android 8.0 Oreo dapat dipasang pada ponsel Google Pixel dan Nexus yang memenuhi syarat pembaruan. Namun, perusahaan teknologi HTC juga membuat Android Oreo dapat di-update pada perangkat HTC U11.
 
Rendahnya jumlah pengguna yang mengunduh pembaruan agak disayangkan karena Android Oreo memiliki banyak fitur baru. Saat ini, Android 6.0 Marshmallow masih merupakan versi yang paling banyak dipasang, yaitu pada 29,7 persen perangkat.
 
 
Mengingat Marshmallow telah berusia dua tahun, kepopulerannya cukup mengesankan sekaligus mencemaskan. Nougat yang dirilis pada 2016 masih kalah populer dengan angka 23,3 persen, lebih rendah dari Android Lollipop 2014 yang terpasang pada 26,3 persen perangkat.
 
Fragmentasi Android adalah sesuatu yang sangat disadari Google, dan sedang berusaha diperbaiki oleh perusahaan. Salah satu upaya terbaru mereka adalah Project Treble, di mana Google mencoba mengurangi jumlah langkah yang diperlukan untuk memproses pembaruan di ponsel pintar, dikutip dari laman Ubergizmo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement