Selasa 23 Jan 2018 13:16 WIB

Pembaruan Oreo 8.1 Bisa Munculkan Kecepatan Jaringan Wi-Fi

Oreo 8.1 ini memiliki fitur Speed, yang bisa menampilkan kekuatan sinyal wifi.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri
Android Oreo. Ilustrasi
Foto: CNN
Android Oreo. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Google akhirnya memberikan perbaikan bagi android Oreo, yang pada peluncurannya pertamanya kurang greget. Google meluncurkan pembaruan Oreo 8.1, yang memiliki kemampuan cukup unik.

Oreo 8.1 ini memiliki fitur Speed, yang bisa menampilkan perkiraan kekuatan sinyal wifi sebelum digunakan. Mulai pekan ini, pengguna yang telah melakukan pembaruan terhadap perangkat ponsel dengan OS Oreo, akan melihat satu dari empat kualifikasi di jaringan Wi-Fi terbuka.

Kualifikasi itu adalah Sangat Cepat, Cepat, Baik dan Lambat. ''Sinyal yang Cepat bagus untuk menonton video. Untuk kekuatan Sangat Cepat, dibutuhkan kualitas yang jauh lebih tinggi,'' jelas Google, dikutip dari Techcrunch, Selasa (23/1).

Sinyal dengan kualifikasi Baik, cukup untuk membaca situs dan streaming musik, sementara jika Lambat pada dasarnya baik untuk panggilan dan teks Wi-Fi. Meski demikian, fitur ini bukan semacam penilaian kecepatan tes, tapi berguna untuk memudahkan memilih jaringan wifi.

Kecepatan tidak akan muncul untuk jaringan yang dilindungi, dan admin yang sensitif terhadap hal semacam itu juga dapat memilih untuk tidak tampil dengan kecepatan di Android.Fitur tersebut diumumkan pada bulan Desember dan akhirnya mulai diluncurkan ke 8.1 pengguna pekan ini.

Tentu saja, versi Android ini masih dalam persediaan yang relatif terbatas saat ini, dengan dukungan pada ponsel Google sendiri, termasuk Pixel dan Pixel 2, Nexus 6P dan Nexus 5X.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement