Selasa 23 Jan 2024 20:38 WIB

Begini Trik Mengubah Ukuran Gambar di Ponsel dan Tablet

Ponsel dengan kamera mutakhir kadang menghasilkan foto beresolusi besar.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Berikut tips dan trik mengubah ukuran dan resolusi foto di ponsel.
Foto: Gizchina
Berikut tips dan trik mengubah ukuran dan resolusi foto di ponsel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini, ada banyak ponsel berkamera mutakhir yang mampu menghasilkan gambar atau foto beresolusi besar. Akan tetapi, foto-foto seperti ini sering kali memiliki ukuran yang terlalu besar untuk bisa diunggah di beragam platform.

Situs pemerintahan hingga perbankan dan sejumlah jaringan media sosial biasanya hanya bisa mengunggah gambar dengan resolusi atau ukuran yang lebih kecil. Beberapa situs bahkan akan memotong foto yang terlalu besar secara otomatis bila tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan. Sering kali, fitur ini akan memotong foto pada posisi yang tak sesuai.

Baca Juga

Mengubah ukuran gambar sebelum mengunggahnya ke beragam situs atau platform dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memperkecil ukuran gambar pada ponsel atau tablet, seperti dilansir Android Police pada Selasa (23/1/24).

Ponsel dan Tablet Android

Pengguna Android memiliki beberapa opsi untuk mengubah ukuran gambar pada ponsel atau tablet mereka. Pengguna Samsung misalnya, bisa langsung mengubah ukuran gambar melalui aplikasi Gallery.

Pengguna Samsung cukup membuka galeri dan memilih gambar yang ukurannya ingin diubah. Setelah itu, pilih ikon edit, pilih menu titik tiga yang ada di pojok kanan bawah, pilih 'Resize', atur persentase atau resolusi, pilih 'Done', lalu pilih 'Save'.

Akan tetapi, beberapa ponsel dan tablet Android lain biasanya membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk mengubah ukuran gambar. Beberapa contoh aplikasi pihak ketiga yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna Android adalah Photo & Picture Resizer, Adobe Photoshop Express, Image Size, dan Photo Resizer HD. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Dengan Photo & Picture Resizer: Buka aplikasi dan pilih opsi 'Select Photos', pilih gambar yang ingin disunting, pilih 'Resize', atur persentase, resolusi, atau ukuran gambar yang diinginkan, pilih 'Save'. Gambar yang sudah diubah ukurannya akan tersimpan dalam folder PhotoResizer di galeri.

2. Dengan Adobe Photoshop Express: Buka aplikasi, masuk dengan akun Adobe, pilih gambar dari galeri, gunakan perangkat //built in// untuk mengubah ukuran gambar, lalu klik 'Next' yang ada di pojok kanan atas, pilih resolusi gambar orisinal yang ada di bawah gambar, pilih resolusi yang lebih rendah pada //pop up// Image Resize, pilih 'Done/', lalu pilih 'Save to Gallery'. Gambar yang sudah tersunting akan tersimpan dalam folder Photoshop Express di galeri.

3. Dengan Image Size: Buka aplikasi, pilih ikon foto di pojok kiri atas, pilih gambar yang ingin disunting ukurannya, tuliskan ukuran lebar dan panjang gambar yang diinginkan, setelah itu pilih ikon unduh pada pojok bawah kiri. Gambar dengan resolusi yang lebih kecil akan tersimpan dalam folder Image Size di galeri.

Dengan photo....

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement