Kamis 01 Feb 2024 19:32 WIB

Fitur Baru Android 15: Hubungkan dan Bagikan Media Audio Secara Nirkabel

Salah satu fitur yang diperkenalkan ialah Auracast.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Sistem operasi terbaru dari Google, Android 15 membawa fitur inovatif yang memungkinkan pengguna untuk lebih mudah berbagi dan terhubung dengan media audio secara nirkabel.
Foto: Sam Mobile
Sistem operasi terbaru dari Google, Android 15 membawa fitur inovatif yang memungkinkan pengguna untuk lebih mudah berbagi dan terhubung dengan media audio secara nirkabel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sistem operasi terbaru dari Google, Android 15 membawa fitur inovatif yang memungkinkan pengguna untuk lebih mudah berbagi dan terhubung dengan media audio secara nirkabel. Fitur ini dirancang untuk memudahkan pengalaman berbagi musik atau audio dengan perangkat terdekat melalui Bluetooth Hemat Energi.

Dilansir Gizchina pada Kamis (1/2/2024), salah satu fitur utama yang diperkenalkan adalah Auracast, yang merupakan bagian dari Bluetooth LE Audio. Auracast memungkinkan pengguna untuk berbagi audio dengan perangkat terdekat tanpa perlu proses pasangan yang rumit. Namun, perlu diingat bahwa baik perangkat pemutar musik maupun perangkat penerima harus mendukung Auracast untuk dapat menggunakan fitur ini.

Baca Juga

Meskipun Auracast sudah diperkenalkan lebih dari setahun yang lalu, masih terbatas headset yang mendukungnya. Namun, pada 2024, banyak produsen aksesori yang berencana merilis produk baru dengan dukungan Auracast, terutama karena mayoritas ponsel pintar baru juga mendukung teknologi ini.

Google siap menyambut perubahan ini dengan menyertakan halaman "Berbagi Audio" khusus di Android 15. Halaman ini memungkinkan pengguna dengan mudah berbagi atau terhubung ke aliran LE Audio terdekat. Pengguna dapat menemukan halaman ini di Pengaturan, di bawah Perangkat yang Terhubung, dan kemudian preferensi Koneksi.

Pada halaman ini, pengguna akan menemukan saklar untuk berbagi audio, tombol pemindaian kode QR untuk menyambung ke aliran audio terdekat, tombol untuk memilih perangkat Bluetooth lain, dan daftar aliran audio terdekat. Meskipun Android 15 belum dirilis, hal ini menunjukkan bahwa Google secara aktif menyoroti dukungan Auracast sebagai fitur utama dalam pembaruan sistem operasi terbarunya.

Sementara Google belum merilis earbud yang mendukung LE Audio, perangkat yang didukung oleh chip Tensor Google, seperti ponsel Pixel, sudah mendukung Spesifikasi Inti Bluetooth versi 5.2 yang pertama kali mendukung LE Audio. Jika Google memutuskan untuk merilis Pixel Buds baru dengan dukungan LE Audio, sebagian besar ponsel Pixel yang ada dapat menikmati keunggulan teknologi ini.

Meskipun belum ada kepastian tentang rencana peluncuran Pixel Buds baru, fitur ini menandakan komitmen Google untuk membawa teknologi nirkabel terkini kepada pengguna Android melalui Android 15. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement