Jumat 06 Jan 2017 08:34 WIB

Ilmuwan Temukan Galaksi Baru

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bilal Ramadhan
Galaksi (ilustrasi).
Foto: Science Alert
Galaksi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Ilmuwan berhasil menemukan galaksi baru yang sama sekali berbeda dengan semua galaksi yang ada. Adalah galaksi dengan kode PGC 1000714. Galaksi tersebut diprediksi sudah ada lebih dari 5,5 miliar tahun. Benda angkasa itu terlihat merah dengan cincin biru pucat yang mengelilinginya.

Temuan baru bertipe galaksi Hoag. Galaksi tipe ini dikelilingi dua cincin tanpa ada rantai yang menghubungkan kedua cincin tersebut. Dengan mempelajari PGC 1000714, mereka bisa menetukan usia dari sebuah galaksi. Memahami lebih jauh tentang planet tersebut juga bisa membuat ilmuwan mengetahui bagaimana galaksi terbentuk.

"Warna yang berbeda dari cincin bagian luar dan dalam menunjukkan kalau galaksi ini mengalami dua formasi yang berbeda," kata pemimpin riset, Burcin Mutlu-Pakdil, seperti dikutip Independent, Jumat (6/1).

Bahkan, mempelajari lebih lanjut PGC 1000714 dapat memberikan pemahaman tentang bagaimana alam semeta ini bekerja. Burcin mengatakan, itu lantaran bisa menguji coba teori dan asumsi tentang alam semesta.

"Setiap ojek unik yang kami temukan membantu kami dalam memahami alam semesta dan dengan itu pula memberitahu kami bahwa masih banyak yang harus kita pelajari tentang semesta," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement