Kamis 18 Apr 2024 13:18 WIB

Apakah Lubang Hitam Menyimpan Rahasia Besar Tentang Nenek Moyangnya?

Lubang hitam supermasif diyakini tercipta ketika dua lubang hitam kecil bertabrakan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi dua lubang hitam supermasif.
Foto:

Ini berarti pasti ada proses lain yang menciptakan lubang hitam paling mengerikan, dan pengamatan terhadap riak kecil di ruang waktu yang disebut gelombang gravitasi menunjukkan bahwa proses itu is bisa jadi merupakan tabrakan dan penggabungan generasi lubang hitam yang semakin besar.

“Bagaimana kita bisa melakukan pekerjaan detektif untuk kembali ke masa lalu dan melihat apa yang sebenarnya terjadi di lingkungan penggabungan lubang hitam? Bisakah kita mengatakan sesuatu tentang nenek moyang lubang hitam?” ucap Bartos bertanya-tanya.

Ia berpikir bahwa memahami apa yang menyebabkan lubang hitam berkumpul dan bergabung, adalah kunci untuk memahami bagaimana alam semesta berevolusi. Dan bahkan bisa memahami hukum fisika fundamental.

“Kami ingin mempelajarinya, dan sejauh ini, kami belum sepenuhnya memahami apa yang sebenarnya membuat lubang hitam berkumpul dan menyatu di alam semesta. Ini tidak bisa hanya sebuah proses acak. Harus ada mekanisme yang menyatukan lubang hitam dan membuat mereka bergabung. Dan inilah yang kami coba pahami dari sifat terbatas yang kami miliki,” kata Bartos.

Ia menambahkan, lubang hitam dengan massa lebih dari 50 kali matahari mungkin ditemukan di wilayah yang banyak terdapat lubang hitam lainnya. Artinya, sama seperti manusia yang memiliki orang tua, kakek-nenek, dan buyut, penggabungan lubang hitam kemungkinan besar bukanlah peristiwa unik, dan lubang hitam paling masif berasal dari penggabungan beberapa generasi.

Situasi generasi ini tidak hanya menghasilkan pengumpulan massa, tetapi lubang hitam berikutnya juga akan mengumpulkan momentum sudut dari nenek moyang mereka. Bartos mengatakan, ini berarti ketika lubang hitam semakin besar, mereka juga akan berputar semakin cepat.

Meskipun Bartos berpendapat bahwa gagasan lubang hitam memiliki ‘nenek moyang’ adalah hal yang menarik, ia percaya bahwa manusia dapat mengungkap beberapa detail tentang induk lubang hitam dari pengamatan gelombang gravitasi, kisah tentang nenek moyang lubang hitam mungkin akan hilang ditelan waktu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement