Rabu 06 Mar 2024 11:45 WIB

Google Gelar Kompetisi Berhadiah Rp 78,7 Miliar, Apa Tantangannya?

Belum ada penelitian tentang kegunaan komputer kuantum secara nyata untuk sehari-hari

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
IBM Quantum salah satu komputer kuantum yang dikembangkan.
Foto:

Total hadiah sebesar Rp 78,7 miliar akan dibagi untuk tiga juara utama, lima juara harapan, dan 20 semifinalis. Total hadiah yang akan diberikan untuk tiga pemenang utama adalah 3 juta dolar AS atau sekitar Rp 47,2 miliar. Di sisi lain, total hadiah untuk lima juara harapan adalah 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 15,7 miliar. Sedangkan untuk 20 semi finalis, masing-masing akan mendapatkan hadiah sebesar 50.000 dolar AS atau sekitar Rp 786,85 juta.

Untuk mengembangkan algoritma kuantum yang bisa bermanfaat bagi masyarakat, tentu dibutuhkan pemahaman yang lebih baik mengenai cara kerja komputer kuantum. Sebagai contoh, cara untuk menangani noise dan error yang mungkin terjadi.

Menurut Bill Fefferman dari University of Chicago, hadiah yang diberikan dalam kompetisi Google dan XPRIZE Foundation tidak mencakup aspek dasar dalam pengembangan komputer kuantum seperti ini.

 

"Saya sangat optimistis, secara prinsip, bahwa kita akan menemukan algoritma yang bisa benar-benar berguna," ungkap Fefferman. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement