Kamis 29 Feb 2024 16:09 WIB

Mode Pesawat Agar tak Ganggu Navigasi Hanya Mitos? Ini yang Benar

Ada alasan lain mengapa maskapai menganjurkan penumpang mematikan ponsel.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Bertelepon dalam pesawat
Foto:

Namun, hal ini juga menjadi alasan mengapa mitos tentang mode pesawat masih ada. Perlu diingat, undang-undang federal mengharuskan untuk mengikuti instruksi awak pesawat, termasuk mengaktifkan mode pesawat. Terlepas dari fakta teknologi, orang dapat dikenakan denda atau dipenjara karena tidak melakukannya.

Asal Usul Mitos mode pesawat

Pada tahun 1991, Komisi Komunikasi Federal (FCC) melarang penggunaan telepon seluler di pesawat, dengan alasan “gangguan jaringan darat”. Pada satu titik, hal ini mungkin benar, namun pada tahun 2005, seorang anggota FCC bersaksi di depan Kongres bahwa hal ini tidak lagi menjadi masalah karena pico-cells.

“Dengan kemajuan teknologi telepon seluler sejak tahun 1991, peraturan (FCC) yang melarang penggunaan telepon seluler 800 MHz dalam penerbangan, mungkin tidak diperlukan untuk melindungi jaringan seluler terestrial atau berbasis darat,” kata administrator FAA Nicholas Sabatini dalam kesaksiannya. 

Namun aturan yang melarang penggunaan ponsel di pesawat tetap ada. Pada tahun 2013, FCC mendapatkan ketua baru, Tom Wheeler, yang ingin mengubah keadaan dengan mengaktifkan panggilan telepon dan penggunaan data dalam penerbangan. Ini memicu kontroversi besar, tapi bukan karena masalah teknologi.

“Mengizinkan ponsel berada di dalam pesawat terdengar seperti premis dari sebuah reality show baru: 'Cage Fighting at 30,000 Feet'," kata Perwakilan Oregon Greg Walden kepada Washington Post pada saat itu.

"Saya tidak ingin orang yang duduk di sebelah saya bersuara tinggi di ketinggian 35.000 kaki lebih dari orang lain,” kata Wheeler pada tahun 2013. 

Namun regulator dan maskapai penerbangan meminta FCC untuk tetap mempertahankan aturan tersebut, karena khawatir panggilan telepon dalam penerbangan akan menimbulkan kekacauan dalam penerbangan. Tentu saja peraturan ini sudah lama diterapkan.

 

Mode pesawat lebih merupakan....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement