Senin 28 Aug 2023 13:14 WIB

2 Langkah Isi Daya Ponsel Cepat, Setengah Jam Penuh

Cukup beralih ke Mode Pesawat saat melakukan pengisian daya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Mengisi daya baterai ponsel bisa dilakukan lebih cepat dengan beralih ke mode pesawat/ Ilustrasi
Foto: Huffingtonpost
Mengisi daya baterai ponsel bisa dilakukan lebih cepat dengan beralih ke mode pesawat/ Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Untuk mengisi daya iPhone dari nol hingga 100 persen, biasanya kita memerlukan waktu hingga empat jam. Bagi kebanyakan pengguna yang sangat bergantung pada ponsel, waktu tersebut dapat terasa sangat lama. Namun, kini para ahli teknologi, termasuk Verizon, telah membagikan dua langkah sederhana yang bisa membuat ponsel pintar mengisi daya hingga 90 persen dalam waktu setengah jam saja.

Dilansir Daily Mail pada Senin (28/8/2023), trik ini berkaitan dengan pengaturan perangkat, dengan cukup beralih ke Mode Pesawat saat melakukan pengisian daya. Ketika ponsel Anda berada dalam Mode Pesawat, semua fitur seluler, Bluetooth, radio, dan Wi-Fi akan dinonaktifkan, menghentikan konsumsi daya yang berlebihan di latar belakang.

Baca Juga

Mode Pesawat, umumnya diperlukan selama penerbangan, mematikan semua protokol komunikasi nirkabel sehingga tidak ada gangguan sinyal di pesawat. Meskipun demikian, beberapa otoritas seperti Inggris dan Uni Eropa memungkinkan maskapai menyediakan konektivitas 5G kepada penumpang, dan beberapa maskapai AS juga menawarkan layanan internet selama penerbangan.

Untuk pengguna iOS, Mode Pesawat dapat diakses melalui menu utama Pengaturan. Setelah membukanya, Anda akan menemukan opsi tersebut di bagian atas. Aktifkan Mode Pesawat dan lanjutkan dengan menggeser ke bawah untuk menemukan opsi Baterai di pengaturan. Aktifkan Mode Baterai Rendah di sini, yang juga akan membantu mempercepat pengisian daya.

Kabar baiknya, Apple dikabarkan akan meluncurkan iPhone 15 bulan depan dengan dukungan pengisian daya hingga 35W. Ini jauh lebih cepat dibandingkan iPhone 14 yang hanya mendukung pengisian 20W. Hal ini akan memungkinkan ponsel pintar baru tersebut mengisi daya dari nol hingga penuh dalam waktu hanya satu jam, menguntungkan pengguna yang selalu sibuk.

“Setidaknya beberapa model iPhone 15 baru dapat diisi ulang hingga 35W, memungkinkan kecepatan pengisian daya yang lebih cepat pada ponsel baru,” tulis laporan 9to5Mac.

Meskipun demikian, belum jelas apakah semua model iPhone 15 akan mendukung pengisian daya 35W. Namun, berdasarkan laporan dari 9to5Mac, beberapa model baru diharapkan bisa memanfaatkan kecepatan pengisian tersebut, model standar, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Daya 35W mengacu pada daya yang disalurkan ke baterai ponsel. Jika ponsel tidak mendukung kecepatan pengisian ini, peningkatan daya tersebut tidak akan berdampak pada waktu pengisian. Dengan adanya langkah-langkah ini, pengguna iPhone dapat memanfaatkan pengisian daya lebih cepat, yang secara keseluruhan akan memberi lebih banyak waktu bagi mereka yang selalu terburu-buru. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement