Rabu 28 Feb 2024 16:22 WIB

Bintang Neutron Termuda Terdeteksi James Webb, Usianya Baru 37 Tahun

Ilmuwan dapat melacak tanggal kelahiran neutron, yaitu 23 Februari 1987.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Gambar komposit sisa supernova SN 1987A, terdiri dari sinar-X, panjang gelombang optik dan submilimeter. Ini adalah rumah bagi bintang neutron termuda yang terdeteksi
Foto:

“Untuk menghasilkan ion-ion yang kami amati dalam ejecta, jelas bahwa harus ada sumber radiasi berenergi tinggi di pusat sisa SN 1987A,” kata Claes Fransson, penulis utama studi tersebut, dikutip dari New Atlas, Rabu (28/2/2024),

Dalam makalah ini, peneliti membahas berbagai kemungkinan, dan menemukan bahwa hanya ada beberapa skenario yang mungkin terjadi, dan semuanya melibatkan bintang neutron yang baru lahir.

Pada manusia, usia 37 tahun mungkin sudah bersiap menghadapi krisis paruh baya. Tetapi  dalam konteks bintang, usia ini bukanlah napas pertama, mengingat masih bisa bersinar selama miliaran tahun.

Secara teknis bintang neutron ini berusia 168.037 tahun jika mengingat jaraknya. Namun untuk penggunaan istilah yang umum, perlu mendeskripsikan sesuatu berdasarkan perspektif di Bumi.

 

Kedua, bintang-bintang neutron baru terus bermunculan di seluruh alam semesta, sehingga secara teknis rekor bintang neutron termuda akan terpecahkan beberapa detik setelah SN 1987A. Tapi saat ini berbicara tentang bintang termuda yang terdeteksi langsung oleh manusia, sehingga memungkinkan untuk dipelajari sejak awal siklus kehidupannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement