Jumat 23 Feb 2024 12:37 WIB

Menengok Foto Maksimum Matahari, Fenomena yang Terjadi Setiap 11 Tahun

Maksimum matahari terjadi setiap 11 tahun yang menandai puncak aktivitas matahari.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Foto maksimum matahari. Badan Antariksa Eropa (ESA) merilis foto yang menangkap peningkatan gejolak di permukaan matahari.
Foto: Dok. ESA & NASA/Solar Orbiter/EUI Team via Ge
Foto maksimum matahari. Badan Antariksa Eropa (ESA) merilis foto yang menangkap peningkatan gejolak di permukaan matahari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Antariksa Eropa (ESA) merilis foto yang menangkap peningkatan gejolak di permukaan matahari. Foto diambil saat matahari bergerak menuju titik maksimum matahari pada tahun ini.

Maksimum matahari yang terjadi kira-kira setiap 11 tahun, menandai puncak aktivitas matahari, yang didorong oleh medan-medan magnet matahari yang dinamis dan selalu berubah. Dilansir Geo News, Jumat (23/2/2024), pada periode ini terjadi lonjakan frekuensi dan intensitas bintik-bintik matahari di permukaan matahari. Memanfaatkan citra instrumen Extreme Ultraviolet Image (EUI) pada Solar Orbiter milik ESA, para astronom dengan cermat membuat visualisasi yang menggambarkan transformasi matahari dari Februari 2021 hingga Oktober 2023. 

Baca Juga

Citra tersebut mengungkapkan ledakan-ledakan cemerlang, bintik-bintik matahari gelap, dan putaran plasma serta gas super panas yang memukau saat matahari bergerak menuju puncak aktivitas magnetisnya. Siklus matahari 25, siklus yang sedang berlangsung, diperkirakan akan mencapai klimaksnya pada pertengahan hingga akhir tahun 2024, setahun lebih awal dari perkiraan-perkiraan awal.

Solar minimum yang ditandai dengan berkurangnya aktivitas matahari terjadi pada Desember 2019, tepat sebelum peluncuran Solar Orbiter. Pejabat ESA menjelaskan sifat siklus aktivitas matahari. 

“Pada awal siklus (minimum matahari), terdapat aktivitas yang relatif sedikit dan bintik-bintik matahari yang sedikit,” ujar pejabat ESA.

Aktivitas tersebut terus meningkat hingga mencapai puncaknya pada saat matahari maksimum, dan akhirnya mereda hingga mencapai titik minimum. Membandingkan gambar-gambar dari Februari 2021 hingga Oktober 2023, visualisasi tersebut dengan jelas menggambarkan transisi matahari dari relatif tenang ke aktivitas tinggi selama pendekatan Solar Orbiter. 

Siklus matahari 25 telah menunjukkan aktivitas yang kuat. Itu menampilkan jilatan-jilatan api matahari yang kuat dan lontaran-lontaran massa koronal, yang cukup kuat untuk berdampak pada jaringan-jaringan tenaga listrik, GPS, dan satelit-satelit bumi, sehingga berpotensi menyebabkan pemadaman-pemadaman radio. 

Setelah matahari maksimum, kutub magnet matahari berbalik, memulai periode ketenangan matahari minimum. Meskipun Solar Orbiter membantu memprediksi siklus-siklus matahari, konfirmasi maksimumnya menunggu pengamatan penurunan jumlah-jumlah bintik matahari. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement