Jumat 02 Feb 2024 23:12 WIB

Tujuh Kiat Mengatasi Persoalan Freezing pada Mac dan MacBook

Freezing merupakan kondisi ketika komputer atau laptop menjadi tidak responsif.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Ada tujuh hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kemunculan masalah freezing pada produk Mac dan Macbook.
Foto:

2. System Management Controller

Ada kalanya, Mac dan MacBook mengalami freezing karena System Management Controller (SMC) perlu direset. Untuk pengguna MacBook yang tidak memiliki chip keamanan T2, hal yang bisa dilakukan adalah mematikan laptop dengan cara menekan Shift+Ctrl+Opt bersamaan dengan tombol Power selama sekitar 10 detik. Setelah itu, nyalakan laptop kembali dengan menekan tombol Power.

Untuk pengguna komputer Mac tanpa chip T2, langkah yang dapat dilakukan adalah mematikan komputer dengan mencabut sumber listrik. Tunggu sekitar 15 menit sebelum kembali memasang sambungan listrik dan nyalakan kembali komputer.

Proses yang berbeda perlu dilakukan pada produk Mac dengan chip T2. Pada produk ini, tekan tombol Power dan tahan selama 10 detik. Setelah itu, angkat jari dari tombol dan tunggu selama beberapa detik. Selanjutnya, tekan kembali tombol Power untuk menyalakan Mac.

3. PRAM/NVRAM

PRAM dan NVRAM adalah bagian kecil dari memori pada Mac yang berfungsi menyimpan pengaturan tertentu pada komputer. Freezing pada Mac bisa disebabkan oleh adanya error pada PRAM atau NVRAM.

Untuk melakukan reset terhadap PRAM atau NVRAM, matikan Mac terlebih dahulu. Setelah itu, nyalakan kembali Mac lalu segera tekan tombol Opt+Cmd+P+R selama sekitar 20 detik. Mac akan secara otomatis melakukan restart tapi tetap tahan semua tombol tersebut selama 20 detik.

Angkat tekanan dari tombol setelah Mac mulai mengeluarkan suara startup. Pada Mac dengan chip T2, tombol-tombol tersebut bisa diangkat setelah logo Apple muncul dan menghilang pada layar.

4. Safe Mode

Melakukan boot pada komputer Mac hingga masuk ke safe mode juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi freezing. Untuk memulai safe mode, matikan Mac terlebih dahulu, nyalakan kembali, lalu segera tekan dan tahan tombol Shift. Lepaskan tombol Shift setelah muncul jendela login.

Selanjutnya, reboot Mac dengan menggunakan prosedur normal. Bila setelah itu Mac bisa digunakan, maka safe mode sudah berhasil mengatasi masalah. Bila freezing tetap berlanjut, kemungkinan ada masalah lain yang perlu diatasi.

Lanjut ke halaman berikutnya....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement