Jumat 02 Feb 2024 23:12 WIB

Tujuh Kiat Mengatasi Persoalan Freezing pada Mac dan MacBook

Freezing merupakan kondisi ketika komputer atau laptop menjadi tidak responsif.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Ada tujuh hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kemunculan masalah freezing pada produk Mac dan Macbook.
Foto: Dok Apple
Ada tujuh hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kemunculan masalah freezing pada produk Mac dan Macbook.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produk desktop Mac dan laptop MacBook dari Apple terkenal dengan kestabilan dan kelancarannya saat dioperasikan. Namun, bukan berarti Mac dan MacBook benar-benar terbebas dari masalah. Salah satu contohnya adalah masalah freezing.

Secara umum, freezing merupakan kondisi ketika komputer atau laptop menjadi tidak responsif. Masalah ini bisa sangat mengganggu kinerja para pengguna laptop atau komputer.

Baca Juga

Pada produk Mac dan MacBook, ada beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya freezing. Sebagian di antaranya adalah usia perangkat keras atau hardware yang semakin bertambah tua, prosesor yang overload, hingga membuka terlalu banyak aplikasi. Dalam skenario terburuk, malware juga bisa menjadi pemicu masalah freezing.

Kabar baiknya, ada tujuh hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kemunculan masalah freezing pada produk Mac dan Macbook. Ketujuh kiat ini bisa dilakukan untuk beragam variasi MacBook, Mac Mini, iMac, hingga Mac Studio. Berikut ini adalah tujuh solusi tersebut, seperti dilansir GizChina pada Jumat (2/2/2024).

1. Force Quit

Ketika freezing terjadi, coba cek ada atau tidaknya aplikasi yang menjadi tidak responsif. Bila freezing disebabkan oleh aplikasi yang tidak responsif, solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan force quit.

Untuk melakukannya, gunakan shortcut Ctrl+Click pada ikon aplikasi di Dock. Selanjutnya, arahkan pointer ke tombol Quit dan tahan Option hingga Quit berubah menjadi Force Quite. Setelah itu, klik opsi Force Quit.

Alternatif lainnya adalah dengan menekan Opt+Cmd+Esc untuk membuka jendela Force Quit. Setelah itu, pilih aplikasi yang tidak responsif dan klik Force Quit.

Lanjut ke halaman berikutnya....

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement