Senin 29 Jan 2024 17:31 WIB

Keunggulan Chipset Dimensity 8300-Ultra yang Ada di POCO X6 Pro 5G

Chipset ini disebut-sebut memiliki kecerdasan tingkat tinggi sekaligus efisien.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
POCO X6 Pro 5G telah hadir di pasar global sebagai ponsel pintar pertama pengusung MediaTek Dimensity 8300-Ultra yang memberikan performa paling ekstrem.
Foto:

Keunggulan Dimensity 8300-Ultra di balik ekstremnya performa POCO X6 Pro 5G

Dimensity 8300-Ultra dibangun di atas proses manufaktur 4nm generasi ke-2 TSMC. Chipset ini memiliki CPU octa-core, terdiri atas empat core Arm Cortex-A715 dan empat core Cortex-A510 yang memanfaatkan arsitektur CPU v9 terbaru Arm. 

Konfigurasi ini bikin Dimensity 8300-Ultra memberikan kinerja CPU 20 persen lebih cepat dan lebih hemat daya hingga 30 persen dibanding generasi sebelumnya. Kinerja CPU Mali-G615 MC6 pada Dimensity 8300-Ultra meningkat hingga 60 persen dan efisiensi daya hingga 55 persen lebih baik. 

MediaTek Dimensity 8300-Ultra adalah chipset Dimensity seri 8000 pertama yang hadir dengan dukungan kecerdasan buatan (AI) generatif penuh. Ini berkat prosesor AI APU 780 yang terintegrasi di dalamnya. 

Prosesor tersebut memungkinkan Dimensity 8300-Ultra mendukung pengembang teknologi buat membangun aplikasi inovatif yang memanfaatkan model bahasa besar (Large Language Models/LLM) hingga 10B, serta difusi yang stabil. APU 780 memiliki arsitektur yang sama dengan SoC Dimensity 9300, sehingga sanggup menghasilkan peningkatan dua kali pada komputasi INT dan FP16, serta peningkatan kinerja AI sebesar 3,3 kali ketimbang Dimensity 8200. 

Berikutnya adalah  keunggulan terkait kamera. Kemampuan AI dipadukan dengan teknologi kamera MediaTek Imagiq 980, yang mengusung HDR-ISP 14-bit, menghadirkan fotografi ponsel premium dan perekaman video ke level tinggi yang baru. Pengguna bakal bisa merekam video lebih tajam dan jernih pada 4K60 HDR, serta merekam lebih lama berkat desain Dimensity 8300-Ultra yang sangat hemat daya. 

Teknologi gim adaptif HyperEngine generasi berikutnya menawarkan penghematan daya ke tingkat lebih lanjut. Dengan prediksi performa berbasis AI, Dimensity 8300-Ultra secara cerdas mereduksi konsumsi daya rata-rata pada kecepatan maksimum. Dengan memanfaatkan algoritma performa eksklusif yang memonitor suhu perangkat, memungkinkan handphone tetap dingin. Hasilnya, pengguna bisa menikmati FPS secara penuh, lag rendah, rendering yang mulus, dan baterai yang lebih tahan lama. 

Selain itu, Dimensity 8300-Ultra hadir dengan MediaTek MiraVision 880. Chipset tersebut  dibekali MediaTek AI-PQ untuk ponsel pintar, yang bekerja dengan cara menganalisa adegan dalam streaming video secara real-time. Kemudian mengaplikasikan setting sesuai kebutuhan adegan untuk menghasilkan kualitas gambar maksimal. 

AI Region PQ yang baru kini dapat membedakan area-area (regions) dalam tiap adegan, guna menyesuaikan contrast, sharpness, dan color tones melalui AI-Segmentation. 

Dimensity 8300-Ultra juga memiliki....

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement