Kamis 11 Jan 2024 08:41 WIB

Selamat Datang di Masa Depan, AI dan Robot Bantu Mengecat Kuku

Salon manikur Nimble menjadi perangkat pertama gunakan AI untuk mengecat kuku.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Cat kuku (ilustrasi). Salon manikur Nimble menjadi perangkat pertama gunakan AI untuk mengecat kuku.
Foto:

AI, sebuah istilah yang sering digunakan sebagai slogan terbaru untuk teknologi apa pun, juga telah menyusup ke produk-produk kecantikan seperti tata rias dan perawatan kulit, termasuk dari para raksasa industri. Aplikasi Beauty Genius gratis, yang dipersembahkan oleh L’Oreal, dimaksudkan untuk menjadi “penasihat pribadi virtual” yang didukung AI. 

Hal tersebut merekomendasikan produk perawatan kulit dan tata rias sesuai jenis kulit, memberikan tips teknik-teknik dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang masalah seperti jerawat dan rambut rontok. Para pengguna juga dapat mencoba produk secara virtual, memandu para pelanggan yang terbebani dengan deretan produk alas bedak di toko fisik dengan corak serupa dan tekstur bervariasi, atau krim dengan kekhususan yang tiada habisnya. 

Hal ini juga merupakan tujuan dari program Beautful AI, yang dibuat oleh Perfect Corp, yang menggabungkan AI generatif dan realitas virtual untuk melakukan analisis kulit secara langsung, uji gaya rambut atau perhiasan 3D, dan membuat rekomendasi. 

Prinker Korea, spesialis tato sementara yang dapat disesuaikan untuk kulit dan rambut, meluncurkan produk serupa yang akan merias wajah tahun ini. Perangkat ini juga akan menggunakan AI dengan pemindai 3D biometrik untuk memetakan fitur wajah dan kemudian merekomendasikan kontur-kontur yang tepat, “mencetak” bedak yang sesuai ke wajah. 

Para perusahaan juga menghadirkan teknologi personalisasi kecantikan untuk perawatan rambut. 

Pekan ini, L'Oréal mempersembahkan pemutaran perdana dunia pengering rambut terhubung yang dapat disesuaikan melalui aplikasi, dengan mempertimbangkan jenis rambut dan secara otomatis menyesuaikan daya dan distribusi panas. Airlight Pro menggunakan cahaya inframerah untuk mengeringkan rambut, sehingga menjaga kelembaban rambut kata Adrien Chretien, kepala pengembangan kecantikan tambahan di L’Oréal, kepada AFP. 

Karena mulai dijual pada bulan April, Chretien menambahkan alat ini juga menawarkan penghematan energi sebesar 31 persen dibandingkan dengan alat konvensional. 

 

Produk-produk lain yang dijadwalkan diluncurkan akhir tahun ini adalah Colorsonic, perangkat pewarna rambut berbentuk kuas yang menggunakan kartrid dan menurut L’Oreal telah dikembangkan selama sembilan tahun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement