Selasa 09 Jan 2024 14:17 WIB

CES 2024 Pamerkan Sejumlah Perangkat Smart Home Menarik

Eufy memperkenalkan empat kamera keamanan yang diluncurkan dan robot penyedot debu.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Para peserta tiba di acara CES Unveiled sebelum dimulainya pameran teknologi CES pada Ahad, 7 Januari 2024, di Las Vegas.
Foto: AP Photo/Ryan Sun
Para peserta tiba di acara CES Unveiled sebelum dimulainya pameran teknologi CES pada Ahad, 7 Januari 2024, di Las Vegas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Eufy adalah nama besar di ranah smart home atau rumah pintar, dan jenama itu memamerkan banyak perangkat di Consumer Electronics Show (CES) 2024. Ada empat kamera keamanan yang diluncurkan serta robot penyedot debu dan pel X10 Pro Omni.  

Produk ini tampaknya merupakan alternatif yang lebih terjangkau dibandingkan jenama lain seperti Roborock dan Ecovacs. X10 Pro Omni tidak membuat inovasi besar penyedot debu robot, sebab sebagian besar fiturnya sudah ada di robot vakum lain.

Baca Juga

Dikutip dari laman Digital Trends, Selasa (9/1/2024), kemampuannya termasuk mengosongkan kantong vakum, membersihkan kain pel, lalu mengeringkannya secara otomatis untuk mencegah penumpukan jamur. Ada juga sistem penghindaran saat alat beroeprasi.

Daya isapnya mencapai 8.000 Pa yang cukup mengesankan, tapi segelintir robot vakum lain juga telah mencapai angka itu. Lantas, apa yang membuat X10 Pro Omni begitu menarik? Itu adalah harganya yang terjangkau meski kualitasnya masuk kategori premium.  

Sebagai perbandingan, penyedot debu robot lainnya dengan fitur premium serupa sering kali memiliki label harga lebih dari 1.000 dolar AS (Rp 15,5 jutaan). Namun, Eufy X10 Pro Omni dijual seharga 799 dolar AS (Rp 12,4 juta) dan akan tersedia di pasaran mulai 20 Februari 2024.

Sulit untuk mengatakan secara pasti bagaimana Eufy memungkinkan fitur premium namun dengan harga terjangkau. Jika dicermati, bodi robot masih terlihat sangat ramping, dilengkapi dengan kain pel berputar ganda, dan dapat mengangkat kain pel 12mm di atas karpet. 

Saat diperagakan, keterampilan mengepelnya juga mengesankan, karena memutar bantalan pel dengan kecepatan 180rpm dan dapat memberikan tekanan satu kilogram saat meluncur melintasi lantai. Eufy juga menyertakan tangki air internal untuk memastikan kain pel selalu basah.

Ada juga fitur edge-hugging untuk membantu menjangkau area yang sukar dijangkau secara manual. Selain X10 Pro Omni, Eufy memamerkan kamera keamanan SoloCam S340, Floodlight Cam E340, Video Doorbell E340, dan Indoor Cam S350 yang semuanya sudah tersedia untuk dibeli di situs web Eufy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement