Kamis 28 Dec 2023 16:19 WIB

2024 Jadi Tahun Ponsel AI, Apakah Smartphone Masih Ada? 

Beberapa raksasa teknologi berlomba mengembangkan ponsel AI.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Samsung Galaxy S24
Foto:

Namun, perlu juga dicatat bahwa penggunaan AI di ponsel pintar sebagian besar bersifat mendukung. Jadi tentu saja smartphone masih ada sebagai perangkat yang ditenagai teknologi AI.

Tahun 2023 menandai peralihan ke AI generatif, dengan teknologi pintar yang benar-benar menyajikan konten dan lebih aktif membantu pengguna ponsel, misalnya membuat gambar dan rencana perjalanan untuk mereka atau menyusun tanggapan ke email.

Haruskah mengganti ponsel?

Mungkin tren di tahun 2024 sebaiknya tidak disebut AI Phone melainkan “Local AI Phone”. Sebab Apple secara umum melakukan semua pembelajaran mesinnya secara lokal, tetapi biasanya untuk kemampuan tersembunyi.

Untuk Android bisa menyamai kemampuan lokal tersebut agar memungkinkan kemampuan menghadap ke depan dalam teks, video, gambar, dan bahkan audio. Namun, Google mungkin berada di bawah tekanan di tahun baru karena harus menerapkan semua kemampuan penyempurnaan AI foto dan videonya yang menarik hanya pada perangkat saja.

Jika sering mendengar istilah "AI Phone" pada tahun 2024, ini tidak berarti bahwa seluruh pengalaman pengguna ponse akan berubah atau bahkan potensi Samsung Galaxy S24, Apple iPhone 16, atau Google Pixel 9 akan berbeda secara mendasar dari sebelumnya. Namun perangkat akan menawarkan lebih banyak kemampuan baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement