Kamis 18 Jan 2024 21:40 WIB

Samsung Galaxy S24 Tawarkan Kemampuan AI yang Mudah Digunakan

Penerapan AI di Galaxy S24 dipikirkan dengan matang sehingga bermanfaat.

Rep: Santi Sopia / Red: Friska Yolandha
Samsung Electronics
Foto: AP Photo/Lee Jin-man
Samsung Electronics

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini semakin banyak perusahaan teknologi modern yang berlomba menawarkan tenaga kecerdasan buatan (AI) pada perangkatnya. Jajaran Samsung Galaxy S24 yang dilengkapi AI menjadi salah satu perangkat yang menjadi sorotan.

Tenaga AI ditambahkan pada Samsung Galaxy S24 Ultra, Galaxy S24 dan S24 Plus. Menurut review dari laman Techradar, dikutip Kamis (18/1/2024), fitur Samsung Galaxy AI umumnya mudah digunakan, dibuat sederhana, dan sering kali proaktif. 

Baca Juga

Ilustrasi terbaiknya tentu saja dalam fotografi di mana sistem kamera Galaxy S24 secara diam-diam menganalisis foto dan mencoba membantu pengguna memanfaatkannya sebaik mungkin. Pengguna juga bisa melihat bayangan dan pantulan yang menawarkan perbaikan dengan satu ketukan. Penawaran perbaikan AI yang tidak merusak ini jadi nilai tambah bagi perangkat untuk menentukan kualitas akhir foto.

Sering kali sulit untuk melacak AI mana yang merupakan milik Samsung, Google, bersifat lokal dan atau yang memerlukan akses ke cloud. Di Google Pixel 8, beberapa fitur AI (seperti Magic Eraser, Video Boost, dan AI Wallpaper) memerlukan koneksi Internet. Tampaknya sebagian besar kemampuan AI Samsung bersifat lokal (atau setidaknya hibrida). Seri Galaxy S24 menyertakan kemampuan untuk memutuskan di tingkat sistem jika pengguna ingin memproses data AI di perangkat.

Namun secara keseluruhan, pengguna dapat dengan mudah mencoba beberapa alat manipulasi gambar yang canggih. Ketika mengambil swafoto dengan hasil muncul tanaman merambat, misalnya, pengguna bisa menghilangkannya melalui proses editing.

AI akan sangat diandalkan oleh sebagian orang, atau mungkin juga tidak terlalu dibutuhkan kelompok tertentu. Namun setidaknya pemanfaatan AI bisa membantu di sejumlah bidang pekerjaan.

Hal yang tidak diperkenalkan oleh jajaran Galaxy S24 dan Galaxy AI adalah asisten virtual baru. Bixby masih bisa ditemukan di smartphone dan tidak ditenagai Galaxy AI atau Google Gemini. Strategi AI Samsung berfokus pada penelusuran, gambar, teks, panggilan, video, dan catatan.

Bukan berarti Samsung Galaxy S24 Ultra adalah ponsel AI yang sempurna atau bahkan smartphone terbaik secara keseluruhan. Masih terlalu dini untuk menilai hal-hal tersebut. Namun, ini adalah penerapan AI yang rasional, dipikirkan dengan matang, dan menurut perkiraan awal akan bermanfaat bagi pengguna. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement