Rabu 13 Dec 2023 14:38 WIB

Daftar Penelusuran Google 2023: Perang Israel-Hamas Teratas

Bahasa gaul yang sedang tren juga masuk ke dalam daftar pencarian teratas.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google telah merilis Year in Search yang berisi kumpulan pertanyaan global teratas sepanjang tahun 2023.
Foto: AP Photo/Michel Euler
Google telah merilis Year in Search yang berisi kumpulan pertanyaan global teratas sepanjang tahun 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google telah merilis "Year in Search" yang berisi kumpulan pertanyaan global teratas sepanjang tahun 2023. Daftar itu mencakup banyak hal, mulai dari momen budaya pop yang menjadi perbincangan, wafatnya figur publik, hingga berita tragis yang membawa dampak global.

Dikutip dari laman Japan Today, Rabu (13/12/2023), menurut data global Google, perang Israel-Hamas yang sedang berlangsung menduduki puncak tren berita pada 2023. Di tempat kedua, hal yang mengemuka adalah pertanyaan terkait kapal selam Titanic yang meledak pada bulan Juni.

Baca Juga

Berdasarkan pemeringkatan raksasa teknologi yang berbasis di California itu, insiden global lain yang menarik perhatian warganet adalah gempa bumi dahsyat di Turki dan Suriah pada bulan Februari 2023. Sementara, Damar Hamlin adalah orang yang paling tren di penelusuran Google tahun ini. 

Hamlin merupakan atlet olahraga American football yang bermain untuk Buffalo Bills. Hamlin mengalami serangan jantung yang hampir mematikan di lapangan saat pertandingan bulan Januari, tetapi sejak itu berhasil menyelesaikan comeback yang dirayakan. 

Aktor Jeremy Renner, yang selamat dari kecelakaan bajak salju yang serius pada awal tahun 2023, menyusul masuk di dalam daftar penelusuran teratas. Sementara itu, mendiang Matthew Perry dan Tina Turner memimpin tren penelusuran di antara orang-orang terkenal yang meninggal dunia.

Dalam dunia hiburan, film Barbie mendominasi tren film penelusuran Google tahun ini. Posisinya diikuti oleh istilah "Barbenheimer" yang menempatkan film Barbie bersaing dengan Oppenheimer. Setelah itu, warganet banyak juga menelusuri informasi soal film thriller India, Jawan. 

Untuk serial televisi, tiga tayangan yang menjadi trending antara lain "The Last of Us", "Wednesday", serta "Ginny and Georgia". Sementara, lagu "Idol" dari grup musik asal Jepang, Yoasobi, menjadi karya musik teratas di penelusuran Google, menyusul "Try That In A Small Town" karya musisi country Jason Aldean.

Begitu juga "Bzrp Music Sessions, Vol 53" besutan disjoki Bizarrap dan Shakira. Itu hanyalah puncak gunung es dari tren penelusuran global Google pada tahun 2023. Masih ada sejumlah topik lain, misalnya Bibimbap sebagai resep yang sedang tren. 

Inter Miami CF, rumah baru superstar sepak bola Argentina Lionel Messi, memimpin tren tim olahraga Google. Di Amerika Serikat, banyak konsumen menghabiskan tahun 2023 dengan bertanya mengapa telur, tiket Taylor Swift, dan botol sriracha begitu mahal.

Bahasa gaul yang sedang tren juga masuk ke dalam daftar pencarian teratas. Istilah baru yang paling banyak dicari adalah "rizz", yang artinya gaya, pesona, atau daya tarik, yang baru-baru ini disebut sebagai kata terbaik tahun 2024 di Oxford.

Warganet juga dapat menemukan lebih banyak data, termasuk daftar spesifik negara dan tren dari tahun-tahun sebelumnya, di arsip “Setahun Penelusuran” Google. Perusahaan tersebut mengatakan mereka mengumpulkan hasil pencarian tahun 2023 dari 1 Januari 2023 hingga 27 November 2023.

Google bukan satu-satunya yang mempublikasikan data tahunan menjelang akhir tahun 2023. Warganet kemungkinan besar juga mendapat daftar lain yang merangkum aktivitas daring tahun ini. Pekan lalu, misalnya, Wikipedia merilis daftar entri yang paling banyak dilihat pada akhir tahun, dengan artikelnya tentang ChatGPT yang memimpin.

Untuk menandai ulang tahun ke-25, Google juga merilis data pencarian teratas "sepanjang masa" di berbagai kategori. Sejak 2004, ketika data tren perusahaan pertama kali tersedia secara global, pemenang Grammy sepanjang masa yang paling banyak dicari di Google adalah Beyoncé. Informasi tentang bintang sepak bola Portugal Cristiano Ronaldo adalah atlet yang paling banyak ditelusuri, dan tayangan yang paling banyak ditelusuri adalah Harry Potter.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement