Rabu 13 Dec 2023 14:03 WIB

Hati-Hati Pengguna Android, Google Larang 18 Aplikasi Jahat Ini

Aplikasi tersebut merupakan kedok pemerasan dan pelecehan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google telah melarang 18 aplikasi dari toko aplikasi Android./ilustrasi
Foto: Flickr
Google telah melarang 18 aplikasi dari toko aplikasi Android./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Google telah melarang 18 aplikasi dari toko aplikasi Android. Hal ini dilakukan karena ditemukan jaringan perangkat lunak yang digunakan untuk melecehkan dan memeras orang. 

Beberapa aplikasi mengklaim dapat membayar pinjaman yang sah. Aplikasi ini telah diunduh sebanyak 12 juta kali. Namun pengguna menyadari bahwa aplikasi tersebut memiliki sisi yang sangat jahat.

Baca Juga

Perusahaan keamanan siber ESET menerbitkan penelitian yang mengidentifikasi aplikasi-aplikasi tersebut, yang tersedia di Google Play Store dan Apple App Store yang tampaknya menawarkan pinjaman keuangan. Selama penyiapan, mereka meminta informasi pribadi Anda termasuk informasi rekening bank dan bukti pendapatan, dengan janji pinjaman segera.

Namun aplikasi tersebut merupakan kedok pemerasan dan pelecehan, karena ESET menemukan banyak pengguna yang tidak pernah menerima uang, dan malah menjadi sasaran pesan agresif yang menuntut pembayaran kembali pinjaman yang mereka klaim tidak pernah mereka terima. ESET menyebut jenis aplikasi ini sebagai 'SpyLoan'.

Aplikasi SpyLoan menimbulkan ancaman signifikan dengan secara diam-diam mengekstraksi berbagai informasi pribadi dari pengguna yang tidak menaruh curiga,” kata Lukas Stefanko, analis malware di ESET.

“Tidak satu pun dari layanan ini yang memberikan opsi untuk meminta pinjaman menggunakan situs web, karena melalui browser para pemeras tidak dapat mengakses semua data sensitif pengguna yang disimpan di ponsel cerdas dan diperlukan untuk pemerasan," ujarnya seperti dilaporkan laman Express, Rabu (13/12/2023).

Ponsel cerdas kita menyimpan informasi pribadi kita, yang menurut penelitian dapat diakses dengan mudah oleh aplikasi SpyLoan dan kemudian digunakan sebagai cara untuk memeras orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan, namun juga tidak menerima bantuan apa pun.

Kabar baiknya bagi pemilik ponsel pintar di Inggris adalah tidak ada aktivitas dari rangkaian aplikasi khusus ini yang terlihat di Inggris atau Eropa, dengan sebagian besar korban berada di Meksiko, Indonesia, Thailand, Vietnam, India, Pakistan, Kolombia, Peru, Filipina, Mesir, Kenya, Nigeria, dan Singapura.

Namun sifat aplikasi yang global berarti penting untuk waspada terhadap aplikasi apa yang Anda unduh dan informasi pribadi apa yang Anda setujui untuk dibagikan kepada aplikasi tersebut. Karena aplikasi ini ada di Google Play Store dan berhasil melewati pemeriksaan privasi Google, aplikasi tersebut tampak sah, sehingga berkontribusi terhadap keberhasilan mereka dalam memperoleh data orang.

Penelitian tersebut menemukan bahwa beberapa aplikasi bahkan membuat situs web palsu agar terlihat lebih dapat dipercaya, dan telah mencuri nama dan foto eksekutif senior serta mengarang lowongan kerja.

Sangat penting bagi individu untuk berhati-hati, memvalidasi keaslian aplikasi atau layanan keuangan apa pun, dan mengandalkan sumber tepercaya,” kata Stefanko. “Dengan tetap mendapat informasi dan waspada, pengguna dapat melindungi diri mereka dengan lebih baik agar tidak menjadi korban skema penipuan tersebut.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement