Selasa 05 Sep 2023 15:57 WIB

Jelang Ajang Wonderlust Apple, Ini Kejutan Selain iPhone 15

Diperkirakan akan ada perilisan iPhone baru dan Apple Watch berikutnya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ajang besar Apple akan berlangsung di Steve Jobs Theater pada 12 September mendatang./ilustrasi
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
Ajang besar Apple akan berlangsung di Steve Jobs Theater pada 12 September mendatang./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Ajang besar Apple akan berlangsung di Steve Jobs Theater pada 12 September mendatang. Diperkirakan akan ada perilisan iPhone baru dan Apple Watch berikutnya dalam acara bertema “Wonderlust” tersebut. 

Acara tahunan iPhone itu turut dikaitkan dengan rumor iPhone 15 yang tidak ada habisnya dibahas di dunia maya. Beberapa informasi mengisyaratkan adanya peningkatan yang cukup mudah dari tahun ke tahun, sementara yang lain merujuk pada kemungkinan model Pro yang lebih besar dan diberi nama baru yang disebut iPhone 15 Ultra. Berikut poin-poin yang diperkirakan bakal hadir di Apple Event, dikutip dari laman Cnet, Selasa (5/9/2023).

Baca Juga

 

1.iPhone 15 dan 15 Plus

Seperti pada seri iPhone 14, kemungkinan akan ada empat model di jajaran iPhone baru: iPhone 15, 15 Plus, 15 Pro, dan 15 Pro Max. Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, yang kerap mengungkap kebocoran Apple, iPhone 15 dan 15 Plus pada dasarnya akan menjadi iPhone 14 Pro yang dikemas ulang tanpa kamera telefoto atau bodi baja tahan karat.

Ponsel baru ini akan mewarisi kamera utama 48 megapiksel dan chip A16 dari 14 Pro. Di bagian luar, kedua ponsel akan menukar tampilan notches dengan potongan Dynamic Island yang juga memulai debutnya pada 14 Pro dan 14 Pro Max. Perubahan terbesar dari keempat iPhone itu ada pada peralihan dari konektor lighting.

 

2. iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max

Dari semua yang diharapkan Apple untuk diumumkan, iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max mungkin mengalami perubahan terbesar. Menurut Gurman dari Bloomberg, baja tahan karat sudah tidak ada lagi, dan rangka model Pro akan dibuat dari titanium. Pergeseran material dapat membantu mengurangi bobot keseluruhan setiap ponsel, yang cukup besar bahkan tanpa casing. iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max kemungkinan akan mendapatkan chip baru bernama A17 yang dilengkapi prosesor super kecil 3 nanometer, silikon terkecil Apple hingga saat ini. Di bagian depan, kedua ponsel kemungkinan akan memiliki bezel layar yang lebih tipis.

Perubahan terbesar pada model Pro adalah port USB-C, yang berbeda dari 15 dan 15 Plus biasa dan dapat mendukung kecepatan data lebih cepat untuk hal-hal seperti mentransfer file dan file video ProRes.

 

3. Apple Watch Seri 9 dan Apple Watch Ultra 2

Dalam pembaruan yang tidak terlalu ambisius, tampaknya Apple Watch reguler berikutnya kemungkinan akan menjadi versi Apple Watch Series 8 yang relatif sederhana dari tahun ke tahun. Seri 9 mungkin hadir dalam warna baru. Seperti dilansir MacRumors, berdasarkan postingan pengguna X/Twitter ShrimpApplePro, Apple Watch Series 9 kemungkinan akan hadir dalam warna pink baru.

Apple Watch Ultra mungkin melihat versi generasi kedua. Jam tangan kokoh ini memulai debutnya tahun lalu, dan versi barunya dapat menghadirkan chip yang lebih cepat dan hadir dalam lapisan titanium hitam, menurut postingan X/Twitter oleh ShrimpApplePro. 

 

4. Vision Pro Jadi Penutup Acara?

Casing AirPods mungkin memiliki versi baru dengan konektor USB-C. iOS 17 dan WatchOS 10 kemungkinan akan mendapatkan tanggal rilis resmi. Sulit membayangkan Apple akan melewatkan kesempatan untuk memperbarui headset Vision Pro yang diumumkan pada bulan Juni di WWDC. Tentu saja, sampai Tim Cook dan kru naik ke panggung di Teater Steve Jobs dan membuat pengumuman, kita belum mengetahui apa pun secara pasti. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement