Kamis 14 Sep 2023 07:09 WIB

Kapan iPhone 15 Bisa Dipesan?

Versi terbaru iPhone terlihat hampir sama dengan model sebelumnya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple baru-baru ini meluncurkan iPhone 15 dan iPhone 15 Pro baru. Seperti rumor yang beredar, perusahaan tersebut akhirnya menghapus port Lightning dan mendukung konektor USB-C.
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
Apple baru-baru ini meluncurkan iPhone 15 dan iPhone 15 Pro baru. Seperti rumor yang beredar, perusahaan tersebut akhirnya menghapus port Lightning dan mendukung konektor USB-C.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Apple baru-baru ini meluncurkan iPhone 15 dan iPhone 15 Pro baru. Seperti rumor yang beredar, perusahaan tersebut akhirnya menghapus port Lightning dan mendukung konektor USB-C. 

Dilansir laman Engadget, Kamis (14/9/2023), model iPhone 15 kini mendukung Dynamic Island dan hadir dalam warna-warna menarik, sedangkan ponsel iPhone 15 Pro memiliki desain titanium dan prosesor A17 Pro baru. 

Baca Juga

Versi terbaru iPhone terlihat hampir sama dengan model sebelumnya, dengan perbedaan terbesar adalah port pengisian daya USB-C baru di tepi bawahnya yang menggantikan soket Lightning lama. Port USB-C mendukung pengisian daya dan transfer data, dan secara praktis, port ini memungkinkan pengguna mengisi daya sebagian besar perangkat Apple mereka, seperti MacBook, iPad, dan sekarang iPhone menggunakan kabel yang sama.

Fitur baru lainnya untuk iPhone dasar adalah Dynamic Island, yang sebelumnya hanya tersedia di handset Pro. Bagian pil hitam mengambang di bagian atas layar iPhone menyembunyikan kamera depan dan sensor FaceID, sekaligus menampilkan hal-hal seperti peringatan dan animasi unik untuk aplikasi yang Anda gunakan.

Baik iPhone 15 dan 15 Plus memiliki ukuran layar yang sama dengan pendahulunya masing-masing 6,1 dan 6,7 inci, dan keduanya memiliki layar Super Retina XDR yang kecerahannya dapat mencapai 2.000 nits. Rangkaian kamera yang diperbarui mencakup kamera belakang utama 48 megapiksel dengan lensa telefoto 12MP, ditambah kamera depan TrueDepth. Kedua model tersebut berjalan pada chipset A16 Bionic Apple, sama seperti yang ditemukan pada seri iPhone 14 tahun lalu, dan akan mendukung masa pakai baterai sepanjang hari.

Seperti model standar, handset iPhone 15 Pro dan Pro Max menghindari Lightning dan memilih port pengisian daya USB-C. Namun yang baru hanya untuk model Pro adalah desain titanium yang membuat iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max jauh lebih ringan dibandingkan pendahulunya. Apple mengklaim berhasil memperkecil dimensi keseluruhan kedua handset tanpa mempengaruhi ukuran layar; Anda akan menemukan layar 6,1 inci di iPhone 15 Pro dan layar 6,7 inci di iPhone 15 Pro Max.

Perubahan desain penting lainnya adalah tombol action baru yang menggantikan tombol mute samping. Apple pada dasarnya menjadikannya alat yang lebih dapat disesuaikan di iPhone, memungkinkan pengguna memilih tindakan yang mereka inginkan terkait dengan menekan tombol. Mematikan iPhone tetap menjadi pilihan, namun Anda dapat mengubahnya sehingga menekan tombol memungkinkan Anda mengakses kamera ponsel, senter, alat aksesibilitas, dan lainnya dengan cepat.

Dalam hal kamera, model iPhone 15 Pro memiliki kamera utama 48 megapiksel dengan sensor lebih besar daripada model iPhone 15 standar, dan memberikan peningkatan kinerja cahaya rendah dan kemampuan untuk mengambil foto resolusi lebih tinggi dalam berbagai kondisi. panjang fokus. Ada juga lensa telefoto 12MP dengan kemampuan zoom optik 5x, yang merupakan yang terbesar di iPhone mana pun. Seluruh jajaran belakang juga dapat merekam video spasial, yang Apple anggap sebagai keuntungan bagi mereka yang ingin mendapatkan Vision Pro saat tersedia tahun depan.

Seri iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max berjalan pada chipset A17 Pro terbaru Apple, GPU baru, dan pengontrol USB khusus yang tidak ada pada model standar. GPU baru ini terkenal karena desain enam inti dan kemampuan ray-tracing yang dipercepat perangkat keras, yang keduanya akan meningkatkan pengalaman bermain game secara keseluruhan di iPhone baru.

Ponsel iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan tersedia untuk pre-order pada 15 September, masing-masing mulai dari 799 dolar AS (Rp 12,2 juta) dan 899 dolar AS (Rp 13,7 juta). Sedangkan Seri iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan tersedia untuk pre-order pada 15 September, masing-masing mulai dari 999 dolar AS (Rp 15,3 juta) dan 1.199 dolar AS (Rp 18,3 juta). Namun belum diketahui pasti harga resmi produk serupa di Indonesia. Produk ini juga akan tersedia secara luas pada 22 September.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement