Kamis 14 Sep 2023 05:37 WIB

Ini Dia Teknologi di Balik Seluruh Seri iPhone 15

Dynamic Island memulai debutnya tahun lalu di iPhone 14 Pro.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple telah membuat beberapa perubahan besar, antara lain seperti mengganti port Lightning dengan USB-C. Selain itu, Dynamic Island kini tersedia di semua model iPhone 15.
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
Apple telah membuat beberapa perubahan besar, antara lain seperti mengganti port Lightning dengan USB-C. Selain itu, Dynamic Island kini tersedia di semua model iPhone 15.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Apple mengumumkan ponsel pintar generasi berikutnya di acara Wonderlust, Selasa (12/9/2023) dengan jajaran iPhone 15. iPhone generasi terbaru ini meliputi iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max. 

Dilansir Digital Trends, Kamis (14/9/2023), tahun ini, Apple telah membuat beberapa perubahan besar, antara lain seperti mengganti port Lightning dengan USB-C. Selain itu, Dynamic Island kini tersedia di semua model iPhone 15, bukan hanya model Pro. 

Baca Juga

Dynamic Island memulai debutnya tahun lalu di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Kala itu hanya pada model kelas atas. iPhone 14 reguler dan iPhone 14 Plus tetap memiliki notch yang sudah hadir sejak iPhone X. 

Namun, hal tersebut tidak terjadi pada tahun ini. Raksasa teknologi tersebut telah menghadirkan Dynamic Island ke semua model iPhone 15, baik itu iPhone 15, iPhone 15 plus, iPhone 15 Pro, atau iPhone 15 Pro Max. Dengan perubahan ini, Apple telah secara efektif mengambil alih posisi tersebut. 

Dynamic Island adalah kapsul memanjang di dekat bagian atas layar yang menampung kamera TrueDepth menghadap ke depan, serta sensor FaceID. Kata “Dynamic” berarti berarti berubah tergantung pada apa yang Anda lakukan di telepon. Dynamic Island bahkan bisa berbentuk kapsul yang lebih memanjang atau bisa dipecah menjadi kapsul yang lebih kecil dan Dynamic Island yang melingkar.— semuanya tergantung pada apa yang Anda lakukan. 

Ini mendukung hingga dua aplikasi sekaligus, yaitu ketika aplikasi tersebut dipecah menjadi kapsul kecil dan lingkaran, tetapi Anda juga dapat berinteraksi dengannya. Gerakan seperti menekan lama atau menggesek ke bawah dapat memperluasnya lebih jauh, dan mengetuk Dynamic Island saat sedang digunakan akan membawa Anda langsung ke aplikasi yang saat ini menggunakan Dynamic Island. 

Tapi apa sebenarnya yang bisa Anda lakukan dengan Dynamic Island? Banyak aplikasi iOS asli Apple yang berfungsi dengan Dynamic Island, seperti Apple Music, Apple Map, Phone dan lainnya. 

Dengan Apple Music dan aplikasi pemutaran audio lainnya, Anda dapat melihat sampul album sebagai ikon kecil, dan terdapat visualisator pemutaran. Menekan lama Dynamic Island menjadi sesuatu yang tampak seperti widget Sedang Diputar, lengkap dengan nama lagu, artis, visualisator, dan kontrol pemutaran. 

Saat Anda menggunakan petunjuk arah belokan demi belokan Apple Maps, Dynamic Island bisa menjadi lebih besar untuk menunjukkan arah selanjutnya yang harus diambil. Selanjutnya, Dynamic Island juga dapat menampilan panggilan masuk, durasi panggilan, pengatur waktu aktif, dan banyak lagi. Ini juga sangat berguna untuk menampilkan peringatan pemberitahuan seperti konfirmasi Apple Pay, Pembukaan kunci FaceID, peringatan baterai lemah, status koneksi dan baterai  AirPods, perekamanan layar, dan banyak lagi. Jika Anda mengikuti olahraga, Dynamic Island juga bagus untuk menampilkan skor olahraga terkini melalui aplikasi Apple TV. 

Berikutnya, Dynamic Island paling berguna untuk aplikasi milik Apple. Meskipun ada dukungan bagi pengembang pihak ketiga untuk memanfaatkan Dynamic Island, belum banyak aplikasi yang menggunakannya, setidaknya dalam skema besar. Tetapi bukan berarti mereka tidak ada. 

Contohnya, aplikasi berbagi tumpangan Uber kini menggunakan Dynamic Island dan Live Activity untuk menunjukkan kemajuan perjalanan Anda saat Anda menggunakan aplikasi lain. 

Aplikasi lainnya, aplikasi penerbangan Flighty dapat memberikan statistik penting tentang penerbangan langsung di Dynamic Island. Carrot Weather adalah aplikasi cuaca populer yang menggunakan Dynamic Island untuk menunjukkan curah hujan dan cuaca badai yang akan datang, selama Anda tetap berlangganan premium. 

Kemudian, ada Pixel Pals yang akan menempatkan satu atau dua hewan peliharaan berpiksel lucu di Dynamic Island. Anda bisa memberi makan dan bermain bersama mereka sepanjang hari jika diinginkan. Ada juga beberapa gim yang memanfaatkan Dynamic Island, seperti Hit the Island yang merupakan gim sederhana seperti Pong. 

Mungkin akan ada lebih banyak aplikasi pihak ketiga yang akan memanfaatkan Dynamic Island sekarang karena tersedia di seluruh jajaran iPhone 15, sehingga dapat diakses oleh banyak orang. Ada banyak potensi untuk Dynamic Island, baik itu data yang menyenangkan maupun informatif. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement