Selasa 15 Aug 2023 16:36 WIB

Hadirkan Hujan Buatan di Jakarta di Tengah Kemarau Berat, BRIN: Berat

Hujan buatan diperlukan untuk meredakan polusi udara Jakarta.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Reiny Dwinanda
Kondisi polusi di langit Jakarta terlihat dari Gedung Perpustaakan Nasional, Jakarta, Senin (14/8/2023). Pemerintah ingin memanfaatkan teknologi modifikasi cuaca untuk mengatasi polusi udara Jakarta.
Foto:

Di samping itu, Budi mengatakan, pihaknya masih belum mendapatkan permintaan resmi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta maupun kementerian/lembaga terkait untuk melakukan TMC. Biasanya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang akan mengalokasikan anggaran untuk upaya tersebut karena polusi seperti yang terjadi di Jakarta saat ini berkaitan dengan bencana.

"Kalau seandainya memang BNPB punya inisiatif, kemudian BNPB bersurat ke BRIN, tentu nanti kami dari BRIN bersama dengan rekan-rekan di TNI AU dan BMKG juga akan melaksanakan operasi modifikasi cuaca," jelas dia.

Terkait dengan waktu yang diperlukan untuk melakukan upaya TMC, Budi menyebut hal itu tergantung dari situasi dan kondisi di lapangan. Apabila polutannya sudah berkurang dan dirasa tidak diperlukan lagi upaya tersebut, maka TMC dapat dihentikan. Jika masih terdapat polutan, bisa saja upaya tersebut terus dilakukan hingga polutan menghilang.

"Kalau seandainya memang polutannya itu sudah membaik, tentu kan tidak bisa dilaksanakan setiap hari juga. Buat apa juga kita lakukan itu gitu ya? Tapi biasanya nanti BNPB akan bersurat dan dari BNPB juga akan meminta masukan dari BMKG apakah memungkinkan atau tidak," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement