Rabu 02 Aug 2023 12:49 WIB

Hati-Hati, Akun Gmail akan Terhapus Kecuali...

Penghapusan akun pengguna tidak aktif dimulai pada akhir 2023.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Akun Google yang tak digunakan dalam jangka waktu dua tahun akan terhapus secara otomatis.
Foto: Gmail
Akun Google yang tak digunakan dalam jangka waktu dua tahun akan terhapus secara otomatis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Google baru saja menerapkan aturan baru terkait penggunaan akun Google. Berdasarkan aturan baru ini, akun Google yang tak digunakan dalam jangka waktu dua tahun akan terhapus secara otomatis. 

Aturan ini mencakup akun yang digunakan dalam beragam layanan Google, seperti Gmail dan Google Photos. Peringatan terkait penghapusan akun ini sudah diumumkan kepada para pengguna akun Google sejak Mei lalu. 

Baca Juga

Berdasarkan keterangan dari Google, penghapusan akun pengguna yang tidak aktif selama dua tahun akan dimulai pada penghujung 2023."Kami telah memperbarui masa periode tidak aktif untuk akun Google menjadi dua tahun untuk semua produk dan layanan kami," ungkap Google dalam pesan yang mereka kirimkan untuk semua pengguna, seperti dilansir Mirror pada Rabu (2/8).

Google mengungkapkan bahwa aturan baru tersebut mulai berlaku sejak pesan dikirimkan. Artinya, semua akun yang tidak digunakan selama periode dua tahun dan beragam konten yang tersimpan di dalam akun tersebut akan terhapus secara otomatis mulai 1 Desember 2023.Kabar baiknya, Google akan mengirimkan sejumlah pemberitahuan melalui email ke akun Google yang dianggap tidak aktif sebelum akun tersebut dihapus. 

Email juga akan dikirimkan ke alamat //recovery email// bila akun tersebut memilikinya."Email peringatan ini akan dikirimkan setidaknya dalam kurun delapan bulan sebelum (Google) mengambil tindakan apa pun terhadap akun Anda," papar Google.

Google menambahkan, aturan baru ini diterapkan demi menjaga keamanan akun pengguna. Aturan baru ini juga memungkinkan Google untuk menghentikan akses ilegal terhadap akun Google pengguna yang sudah lama tidak digunakan.

Menurut Ruth Kricheli dari Google, akun Google yang sudah lama tidak digunakan cenderung lebih rentan untuk disalahgunakan oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Alasannya, akun ini tak dipantau secara berkala oleh pemiliknya, kerap menggunakan kata sandi yang mudah ditebak, atau tidak menggunakan fitur two factor authentication."Orang-orang menginginkan produk dan layanan yang mereka gunakan secara daring itu aman dan terjamin," ujar Kricheli dari Google.

Pengguna beragam layanan Google, termasuk Gmail, tak perlu khawatir dengan adanya aturan baru ini. Para pengguna bisa mengamankan akun-akun Google mereka dengan cara yang mudah.Sebagian dari cara tersebut adalah membuka atau mengirim email, menggunakan Google Drive, menonton klip video di Youtube, dan berbagi foto. Pengguna juga dapat melakukan sign in ke akun Google mereka dan melakukan aktivitas pencarian di Google. Cara-cara sederhana ini dapat membuat akun Google pengguna dianggap aktif dan terhindar dari penghapusan otomatis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement