Kamis 22 Jun 2023 13:13 WIB

Makin Banyak Pengguna Ponsel Android Pindah ke iPhone, Mengapa?

Sekitar 15 persen responden memakai ponsel pintar Android sebelum beralih ke iPhone.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Menurut laporan terbaru Consumer Intelligence Research Partners (CIRP), pengguna Android di Amerika Serikat mulai beralih memilih iPhone.
Foto: iphone 14
Menurut laporan terbaru Consumer Intelligence Research Partners (CIRP), pengguna Android di Amerika Serikat mulai beralih memilih iPhone.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--—Laporan terbaru Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) menunjukkan bahwa di Amerika Serikat (AS), pengguna Android mulai memilih iPhone. Laporan ini berdasarkan wawancara dengan pemilik iPhone yang dilakukan hingga Maret 2023.

Dilansir dari Gizchina, Kamis (22/6/2023), dari hasil laporan CIRP itu, 15 persen responden menggunakan ponsel pintar Android sebelum beralih ke iPhone. Ini merupakan persentase tertinggi pengguna Android yang beralih ke iPhone sejak Maret 2018. Pada tahun-tahun sebelumnya, persentasenya bahkan lebih tinggi, yakni 16 persen pada 2019 dan 21 persen pada 2016.

Baca Juga

Data menunjukkan bahwa lebih banyak pengguna Android di AS yang beralih ke iPhone, sementara lebih sedikit orang yang membeli iPhone sebagai ponsel pertama mereka. Meski perbedaannya tipis, pengguna iPhone lebih setia pada ponsel pintar mereka daripada pengguna Android, dengan selisih tiga persen antara kedua sistem operasi tersebut. Ini menunjukkan bahwa pengalaman dan ekosistem pengguna Apple yang kuat adalah faktor yang berkontribusi terhadap loyalitas pelanggan.

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa survei ini hanya mencerminkan tren di pasar telepon AS dan mungkin tidak menunjukkan tren global. Pasar AS memiliki banyak pengguna yang memanfaatkan penawaran operator untuk membeli ponsel. Sementara di negara lain, lebih umum membeli ponsel pintar tanpa penawaran cicilan dari operator telepon. Ini mempersulit iPhone mahal untuk bersaing dengan perangkat Android.

Laporan CIRP menyoroti perlunya produsen ponsel pintar Android untuk meningkatkan pengalaman pengguna mereka secara keseluruhan dan bersaing dengan penawaran terbaru Apple. Google dan pabrikan lain perlu melihat lebih dekat apa yang dilakukan Apple dengan benar untuk menarik lebih banyak pelanggan dan mempertahankan yang sudah ada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement