Ahad 18 Jun 2023 21:54 WIB

Apple Bakal Rilis iPhone tanpa Casing, Comot Ide Steve Jobs?

Mendiang Steve Jobs dahulu pernah menganggap iPhone memang tak perlu ditutupi casing.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple dikabarkan akan merilis iPhone tanpa pelindung atau casing/ilustrasi.
Foto: iphone 14
Apple dikabarkan akan merilis iPhone tanpa pelindung atau casing/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Apple dikabarkan akan merilis iPhone tanpa pelindung atau casing. Konon pendiri Apple mendiang Steve Jobs dahulunya pernah menganggap iPhone memang tak perlu ditutupi casing karena ponsel sudah dirancang dengan sangat baik.

Raksasa teknologi AS disebut mengembangkan permukaan 'tahan abrasi' yang tidak terlalu rentan terhadap goresan, lecet, atau benturan, sehingga tidak memerlukan casing. Bocoran dalam sebuah dokumen menunjukkan kumpulan microbeads yang tahan lama, kurang dari ukuran ujung pensil, yang memanjang di atas panel belakang iPhone .

Baca Juga

Itu diklaim dapat melindungi bagian yang lebih lembut dari casing perangkat. Tampilan dan desainnya seperti manik-manik 'tahan abrasi' yang 'terdiri atas logam, kaca, keramik, atau bahan lain yang sesuai, seperti dikutip dari Daily Mail, Ahad (18/6/2023).

Manik-manik ini mungkin tertanam dalam bahan plastik yang menunjukkan panel belakang iPhone mirip dengan polikarbonat model iPhone 5S dan 5C yang dirilis pada 2013. Manik-manik ini berada di atas permukaan atas bahan plastik sebagaimana dirinci dalam paten.

Paten 11678445, yang diajukan pada 26 September 2017 hanya diberikan dan dipublikasikan oleh Kantor Paten dan Merek Dagang AS, Selasa lalu.

Di banyak iterasi iPhone selama bertahun-tahun, Apple telah berjuang dan bereksperimen untuk meningkatkan ketahanan perangkat terhadap keausan sehari-hari sambil mempertahankan hasil akhir perangkat seluler yang halus dan mengkilap.

Ponsel iPhone 14 dan 14 Plus tahun lalu membanggakan 'perisai keramik' tahan air standar IP68 (standar IEC 60529) yang menutup seluruh ponsel, dengan panel belakang datar dari aluminium, tersedia sebagai baja tahan karat pada 14 Pro dan Pro Max kelas atas.

Bahan-bahan yang terdengar kokoh ini bernasib buruk dalam uji jatuh beberapa pengulas produk dibandingkan dengan iPhone 12 dan 13.

Paten baru Apple, berjudul 'Spatial Composite', menunjukkan bahwa perusahaan punya petunjuk tentang cara memisahkan perbedaan antara daya tahan dan kemewahan: permukaan 'segi' ke manik-manik mikro yang terbuka dan berkilauan seperti permata yang dipoles.

Kendati panel belakang tahan abrasi ini ditujukan untuk iPhone, tidak menutup kemungkinan juga dikembangkan pada iPad, MacBook, dan perangkat Apple lainnya. Namun belum ada bocoran mengenai bagaimana tekstur panel tahan gores tersebut saat disentuh oleh tangan.

Pengamat industri berspekulasi bahwa paten ini datang belakamgan untuk dimasukkan ke dalam iPhone 15. Tetapi beberapa orang juga bertanya-tanya apakah manik-manik yang berkilauan dan kokoh itu mungkin menjadi fitur di iPhone Ultra yang telah lama dirumorkan. Ponsel iPhone tersebut berperforma sangat tinggi dengan rumor panel belakang yang terletak di sasis titanium. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement