Rabu 07 Jun 2023 19:32 WIB

Dipamerkan di WWDC, Ini Spesifikasi MacBook Air 15 Inci

MacBook Air ini memiliki ukuran layar paling besar dibandingkan seri lain.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple baru saja memperkenalkan lini MacBook Air baru melalui gelaran Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023.
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
Apple baru saja memperkenalkan lini MacBook Air baru melalui gelaran Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Apple baru saja memperkenalkan lini MacBook Air baru melalui gelaran Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023. MacBook Air ini memiliki ukuran layar paling besar dibandingkan seri MacBook Air lainnya, yaitu 15 inci.

Saat ini, ukuran layar MacBook Air paling besar yang tersedia di pasaran adalah 13 inci. Bagi sebagian pengguna, ukuran layar 13 inci kerap memberikan keterbatasan yang menghambat produktivitas.

Baca Juga

Apple memang memiliki opsi laptop dengan ukuran layar yang besar melalui lini MacBook Pro mereka. Lini ini menyediakan laptop dengan ukuran layar 14,2 inci dan 16,2 inci.

Sebelumnya, lini MacBook Pro juga menghadirkan laptop dengan ukuran layar 15 inci. Layar 15 inci merupakan standar ukuran layar laptop yang biasanya digunakan oleh para pengguna Windows, terutama di lingkungan pekerjaan. Akan tetapi, Apple tak lagi memproduksi laptop berukuran 15 inci dalam beberapa tahun ke belakang.

Kehadiran MacBook Air 15 inci dinilai dapat menjawab kebutuhan para pengguna yang menginginkan layar laptop berukuran besar namun dengan harga yang lebih terjangkau. Seperti diketahui, meski dilengkapi dengan prosesor yang lebih cepat dan jumlah //port// yang lebih banyak, MacBook Pro memiliki harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan MacBook Air.

Seperti apa spesifikasi Macbook Air 15 inci?

Meski memiliki ukuran layar yang lebih besar, desain Macbook Air 15 inci tampak mirip dengan Macbook Air 13 inci M2. Seperti dilansir //CNet// per Rabu (7/6), Apple bahkan menjuluki Macbook Air 15 inci sebagai laptop berlayar 15 inci paling tipis di dunia.

Sebagai perbandingan, Macbook Air 15 inci memiliki tebal 0,45 inci atau sekitar 1,14 cm dan berat 3,3 pon atau sekitar 1,5 kg. Di sisi lain, Macbook Air 13 inci memiliki tebal 0,44 inci atau sekitar 1,11 cm dan berat 2,7 pon atau sekitar 1,2 kg.

Dari segi desain dan chip, Macbook Air 15 inci memang tak berbeda dengan Macbook Air 13 inci. Akan tetapi, MacBook Air 15 inci memiliki ukuran baterai yang lebih besar dan mampu bertahan selama 18 jam.

Kemiripan lain yang dimiliki oleh MacBook Air 15 inci dan MacBook Air 13 inci adalah tak memiliki kipas. Akan tetapi, hal ini tak menjadi masalah karena MacBook Air 15 inci memiliki chassis yang lebih besar sehingga akan ada lebih banyak ruang untuk aliran udara dan pendinginan.

Meski memiliki ukuran layar yang lebih besar, ketajaman tampilan layar MacBook Air 15 inci tampak tak terganggu. Selain itu, MacBook Air 15 inci juga hadir dengan empat pilihan warna yang sama seperti MacBook Air 13 inci, yaitu starlight, midnight, space gray, dan silver.

Karena memiliki desain, chip, dan banyak fitur yang sama dengan MacBook Air 13 inci, MacBook Air 15 inci memiliki harga jual yang cukup masuk akal dan tak jauh berbeda. Saat ini, MacBook Air 13 inci dibanderol dengan kisaran harga 1.099 dolar AS atau sekitar Rp 16,3 juta hingga 1.199 dolar AS atau sekitar Rp 17,8 juta.

Berdasarkan pernyataan Apple di WWDC, MacBook Air 15 inci akan dibanderol dengan harga 1.299 dolar AS atau sekitar Rp 19,3 juta. Artinya, pengguna hanya perlu merogoh kocek 200 dolar atau sekitar Rp 2,97 juta lebih besar untuk mendapatkan laptop dengan ukuran layar yang lebih besar dibandingkan MacBook Air 13 inci. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement