Sabtu 10 Jun 2023 01:22 WIB

Ini 3 Prediksi Pakar yang Meleset di Apple WWDC 2023

Ada beberapa hal yang tidak diumumkan di ajang Apple WWDC 2023.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada beberapa prediksi terbesar untuk ajang Apple WWDC 2023 yang ternyata meleset./ilustrasi.
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
Ada beberapa prediksi terbesar untuk ajang Apple WWDC 2023 yang ternyata meleset./ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Lantaran terkenal kerap merahasiakan produk terbarunya, rumor seputar peranti baru Apple boleh dibilang sering berembus. Tak heran, jika sering muncul bocoran produk baru yang akan segera diluncurkan Apple. Meski begitu, sumber yang paling andal pun terkadang salah dengan waktu atau detail produk. 

Dilansir dari Mashable SE Asia, Jumat (9/6/2023), sejauh ini ada beberapa prediksi terbesar untuk ajang Apple WWDC 2023 yang ternyata meleset. Ini lantaran ada beberapa hal yang tidak diumumkan di WWDC 2023 yang masih diharapkan tahun ini, yaitu Control Center, pembaruan Wallet atau Dynamic Island, dan Sideloading.

Baca Juga

 

1. Control Center yang tidak terlalu banyak diubah. 

Menurut pengguna yang sudah menguji beta pengembang, ini ternyata merupakan tambahan kecil dari sakelar Apple Watch. Ada desas-desus tentang perombakan Control Center total menurut sumber anonim di forum MacRumors, tetapi kecuali itu datang dalam pembaruan iOS 17 di masa mendatang, rumor ini hanyalah rumor.

 

2. Tidak disebutkan pembaruan Wallet atau Dynamic Island. 

Di ajang WWDC 2023, pembaruan untuk aplikasi Wallet sama sekali tidak disebutkan, termasuk pula soal kemampuan tambahan untuk Dynamic Island. Penguji awal iOS 17 kecewa saat mengetahui bahwa notifikasi tidak terintegrasi dengan fitur tentpole iPhone 14 Pro.

 

3. Sideloading. 

Anehnya, masalah sideloading tidak disinggung, yang merupakan rumor kuat mengingat linimasa undang-undang Eropa, yang mengisyaratkan kemampuan untuk mengunduh toko aplikasi pihak ketiga pada tahun 2024. Meskipun demikian, Gurman mengatakan mengharapkan ini sebagai implementasi menit terakhir sebelum tenggat waktu tahun depan.

Di sisi lain, pakar Apple Mark Gurman juga meramalkan kedatangan pelatihan kesehatan kecerdasan buatan (AI), tetapi memberikan sangkalan bahwa ini adalah proyek jangka panjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement