Kamis 30 Nov 2023 14:02 WIB

Ingin Jadi Karyawan Apple? Ini Syaratnya Menurut CEO Tim Cook

CEO Apple Tim Cook mengungkap persyaratan untuk bekerja di Apple.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
CEO Apple Tim Cook mengatakan bahwa semua orang yang bekerja dengannya di Apple percaya bahwa satu tambah satu sama dengan tiga.
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
CEO Apple Tim Cook mengatakan bahwa semua orang yang bekerja dengannya di Apple percaya bahwa satu tambah satu sama dengan tiga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Apple adalah merek paling banyak disukai masyarakat dunia. Bahkan dianggap sebagai jenama berkelas. Dengan penilaian pasar 2,954 triliun dolar AS, perusahaan ini adalah yang terbesar dalam hal kapitalisasi pasar secara global. Tidak diragukan lagi bahwa perusahaan ini juga merupakan salah satu perusahaan yang paling dicari.

Selama wawancara siniar baru-baru ini yang dipandu oleh Dua Lipa, CEO Apple Tim Cook mengungkap persyaratan untuk bekerja di Apple.

Baca Juga

Sekitar tiga menit setelah wawancara, Cook mengatakan bahwa semua orang yang bekerja dengannya di Apple percaya bahwa satu tambah satu sama dengan tiga. Cook kemudian menjelaskan bahwa yang dia maksud tidak lebih dari sekadar keterampilan matematika sederhana. 

"Sungguh luar biasa rasanya bekerja dengan orang-orang yang mampu mengeluarkan sisi terbaik Anda, dan pada dasarnya, kamu semua percaya bahwa satu tambah satu sama dengan tiga," kata Cook seperti dilansir laman Times of India, Kamis (30/11/2023). "Ide Anda ditambah ide saya lebih baik daripada ide individu itu sendiri," ujarnya.

Cook mengatakan dalam wawancara tersebut bahwa Apple mempekerjakan orang-orang dari semua lapisan masyarakat. Ini termasuk mereka yang memiliki dan tanpa gelar sarjana. Dia juga menyebutkan beberapa ciri lain yang membantu seseorang mencapai kesuksesan di perusahaan iPhone. "Saya rasa salah satu karakteristik yang saya cari dari manusia adalah kolaborasi," ujar Cook 

"Bisakah mereka benar-benar berkolaborasi? Apakah mereka sangat percaya bahwa 1 tambah 1 sama dengan tiga?" ujar Cook.

Ia juga mencari karyawan yang memiliki rasa penasaran dan tidak takut untuk bertanya. Ciri-ciri lain yang ia cari termasuk kreativitas dan seseorang yang mampu bekerja sama dalam tim. Dia mengatakan bahwa meskipun dia percaya bahwa coding adalah keterampilan hidup yang penting bahkan di luar pekerjaan, Apple telah mempekerjakan orang-orang yang tidak tahu cara membuat kode, atau mereka yang tidak sering membuat kode atau sebagai bagian dari pekerjaan sehari-hari mereka. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement