Ahad 04 Jun 2023 02:16 WIB

Perjalanan Panjang Motorola Edge Plus

Edge Plus terbaru kembali ke bentuk dengan tepi layar yang melengkung.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Motorola menghadirkan seri Edge Plus tahun ini.
Foto: CNET
Motorola menghadirkan seri Edge Plus tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Ponsel premium Motorola telah melakukan perjalanan sejak merek itu merilis Edge Plus pada 2020. Motorola Edge Plus adalah ponsel premium terbaru yang ditujukan untuk pasar AS. Ada peningkatan menyeluruh dibandingkan Edge Plus tahun lalu. Dengan kapasitas baterai yang besar dan harga kompetitif, penggemar Android memiliki pesaing papan atas untuk pertimbangan memilih ponsel.

Edge Plus berikutnya pada 2022 menghilangkan tepian bergaya air terjun demi layar datar standar, yang tidak terlalu menyakitkan tetapi juga kurang gaya.

Baca Juga

Edge Plus terbaru kembali ke bentuk dengan tepi layar yang melengkung. Bagian belakangnya terbuat dari logam matte dengan sedikit tekstur, seperti amplas berbutir halus, yang memberikan tampilan halus dan kontras dengan logo Motorola yang mengilap. Blok kamera persegi yang tertutup kaca merupakan peningkatan dibandingkan kamera oval yang tampak agak murahan pada model tahun lalu.

Edge Plus menjalankan Android 13 dengan sebagian besar versi stok dari sistem operasi dan  mendapatkan tiga tahun pembaruan Android dan empat tahun pembaruan keamanan dua kali sebulan, yang menggembirakan bagi orang-orang yang ingin menjaga ponsel mereka lebih lama. Edge Plus juga mempertahankan rangkaian kecil pintasan kontrol gerakan kesayangan Motorola seperti //chop-chop// untuk menyalakan senter dan //double-twist// untuk membuka aplikasi kamera.

Edge Plus memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 megapiksel, f1.8, ultrawide 50 megapiksel, dan kamera zoom optik 12 megapiksel, 2x yang diperluas hingga 16x digital zoom. Mengingat Edge Plus tahun lalu tidak memiliki lensa telefoto, ini saja membuat model baru lebih unggul dari pendahulunya. Dalam perbandingan berdampingan dari foto sama yang diambil pada iPhone 12 Pro dan Samsung Galaxy S22 Ultra, foto Edge Plus memiliki warna yang sedikit lebih jenuh tetapi kurang detail dalam bayangan. Hal ini menyebabkan warna-warna menjadi bergaris-garis yang seragam daripada belang-belang dengan perbedaan halus dari cahaya miring, kelembapan, atau beberapa faktor lainnya. Ini tidak terlalu terlihat, kecuali jika melihat dari dekat.

Kamera Edge Plus mengambil foto potret yang mumpuni, dan meskipun saturasinya sedikit berlebihan untuk foto normal, itu sebenarnya muncul dengan baik pada kedalaman tambahan. Pada malam hari, foto menangkap cahaya dalam jumlah yang baik, menjaga detail subjek.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement