Jumat 12 May 2023 08:05 WIB

Ada Perubahan Penting di Discord, Apa Saja?

Discord melakukan perubahan drastis yang membuat pengguna harus mengganti username.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Discord  memiliki 150 juta pengguna aktif per bulan di seluruh dunia.
Foto: google play
Discord memiliki 150 juta pengguna aktif per bulan di seluruh dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Platform sosial Discord melakukan perubahan drastis yang membuat seluruh penggunanya harus mengganti username mereka. Perubahan ini akan mulai diberlakukan dalam beberapa pekan ke depan.

Perubahan username ini perlu dilakukan karena pengguna harus beradaptasi dengan sistem penamaan baru yang diterapkan oleh Discord. Nantinya, para pengguna akan diminta untuk membuat username unik dengan menggunakan simbol @.

Baca Juga

Perubahan ini cukup drastis karena sangat berbeda dengan sistem penamaan sebelumnya. Sejak pertama kali Discord diluncurkan, para pengguna menggunakan username yang terdiri dari nama, tagar, dan empat buah angka.

Discord mengungkapkan bahwa perubahan sistem penamaan ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan banyak pengguna. Selama ini, banyak pengguna yang merasa kesulitan untuk terhubung dengan teman-teman mereka di platform Discord.

"Tujuannya adalah untuk membuat Discord menjadi lebih mudah diakses dan ramah pengguna, baik untuk pengguna baru maupun pengguna lama," jelas Discord kepada BBC, seperti dilansir GizChina.

Perubahan tersebut, lanjut Discord, juga merupakan wujud nyata bahwa platform tersebut benar-benar menghargai masukan dari para pengguna. Perubahan ini juga merupakan bukti bahwa Discord berkomitmen untuk terus memperbaiki pengalaman para pengguna dalam menggunakan Discord.

"Kami menghargai masukan pengguna dan berkomitmen untuk memperbaiki pengalaman Discord secara keseluruhan," ujar Discord.

Ada banyak pengguna yang menyambut baik perubahan sistem penamaan ini. Namun, ada pula pengguna yang memberikan kritik dan menyebut perubahan sistem penamaan ini sebagai sebuah kemunduran.

Ilustrator populer, Aura, termasuk salah satu orang yang memberikan kritik atas perubahan ini. Menurut Aura, perubahan tersebut dapat membuat pengguna lama Discord berisiko untuk menjadi korban impersonasi bila pengguna tersebut tak bisa mempertahankan username lama mereka.

Discord merupakan layanan percakapan daring yang memungkinkan orang-orang untuk menciptakan atau bergabung ke dalam sebuah grup berdasarkan minat atau ketertarikan yang sama. Layanan ini memiliki 150 juta pengguna aktif per bulan di seluruh dunia.

Di awal kemunculannya pada 2015, platform ini paling populer di kalangan para gamer. Namun seiring waktu, ada beragam kelompok dengan berbagai minat yang terbentuk melalui Discord. Saat ini, ada jutaan komunitas dengan berbagai tema dan minat yang telah terbentuk dalam Discord. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement