Ahad 31 Dec 2023 13:18 WIB

Aplikasi Discord Lagi Viral, Ternyata Populer di Kalangan Gamers

Discord adalah aplikasi yang bisa dipakai menjadi sarana komunikasi oleh para gamers.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Discord.
Foto: google play
Discord.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baru-baru ini sejumlah warganet dibuat penasaran tentang layanan chat di sebuah aplikasi bernama Discord. Rupanya, Discord bukan lagi sesuatu yang asing untuk para gamers. 

Hal ini terutama bagi mereka yang sudah malang melintang di dunia game itu sendiri. Platform yang satu ini biasanya digunakan para gamers untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. 

Baca Juga

Apa itu Discord?

Discord adalah sebuah aplikasi yang bisa dipakai menjadi sarana komunikasi oleh para gamers. Sebagaimana aplikasi pada umumnya, discord juga dilengkapi dengan sejumlah fitur yang memungkinkan komunikasi berjalan dengan lebih baik dan maksimal. 

Pada dasarnya, discord bot begitu populer dan banyak digunakan dalam sejumlah game ternama, seperti: PUBG, Mobile Legend dan juga Among Us. Selain itu, discord web juga sering kali digunakan oleh orang-orang non-gamers untuk sekedar mengobrol atau bersenang-senang dengan komunitas mereka.

Dikutip dari laman PCMag, Ahad (31/12/2023), dengan lebih dari seperempat miliar pengguna, Discord telah menjadi salah satu cara paling populer bagi para gamer untuk berkomunikasi secara daring. Discord memungkinkan teman mengobrol melalui suara, video, atau teks, dan bergabung dengan server tempat komunitas yang lebih besar berkumpul.

Komunitas daring mana pun dapat memanfaatkan fitur yang ditawarkan Discord. Ada banyak cara untuk berkomunikasi saat bermain game online, namun banyak di antaranya terkait dengan perangkat keras tertentu. 

Discord berhasil karena platformnya agnostik. Pengguna dapat mengintegrasikannya dengan akun PlayStation atau Xbox.

Namun, Discord tidak terbatas pada satu sistem saja, tidak seperti Xbox Live dan PlayStation Network. Lalu, terikat pada konsol game juga memperkuat argumen Discord untuk penggunaan non-game seperti berbicara dengan keluarga atau teman sekelas.

Secara lebih detail, discord adalah sebuah aplikasi komunikasi yang bisa memfasilitasi pada penggunanya untuk berkomunikasi lancar dengan berbagai aktivitas pendukung, seperti: saling berkirim percakapan, berkirim gambar, berkirim audio, berkirim video, termasuk tangkapan layar.

Di dalam prakteknya, discord bot menjadi sarana komunikasi yang cukup efektif bagi para gamers itu sendiri. Jadi wajar saja jika jumlah download discord juga terbilang sangat tinggi setiap bulannya, sebab ada banyak sekali gamers yang menyukai aplikasi yang satu ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement