Kamis 20 Apr 2023 12:51 WIB

Google Maps Hadirkan Fitur Baru, Apa Fungsinya?

Fitur baru ini merevolusi cara pengguna berinteraksi dengan platform.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Google Maps baru-baru ini memperkenalkan fitur baru yang disebut Immersive View yang menjanjikan untuk merevolusi cara pengguna berinteraksi dengan platform./ilustrasi
Google Maps baru-baru ini memperkenalkan fitur baru yang disebut Immersive View yang menjanjikan untuk merevolusi cara pengguna berinteraksi dengan platform./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google Maps baru-baru ini memperkenalkan fitur baru yang disebut Immersive View yang menjanjikan untuk merevolusi cara pengguna berinteraksi dengan platform. Fitur baru ini diumumkan hampir setahun yang lalu pada I/O 2022 dan akhirnya diluncurkan ke lebih banyak pengguna.

Immersive View adalah cara baru untuk menjelajahi lokasi di Google Maps, memperluas pandangan udara fotorealistik yang ada dari lokasi populer serta bangunan terkenal dengan waktu dan cuaca jalan layang kontekstual dari wilayah yang dipetakan secara spesifik.

Baca Juga

Dilansir dari Gizchina, Kamis (20/4/2023), fitur ini menggabungkan pemandangan kota yang indah dan bangunan terkenalnya, saran tempat untuk dipelajari atau dikunjungi, dan pemandangan bagian dalam beberapa bangunan. Pengguna bahkan dapat melihat tampilan alternatif dari area tertentu, seperti malam hari, dalam cuaca buruk atau dalam kondisi sibuk.

Satu laporan di /r/GoogleMaps menunjukkan bahwa mereka dapat menggunakan fungsi tersebut saat melihat kota-kota seperti London dan Berlin. Google telah mengonfirmasi bahwa Immersive View pertama kali akan tersedia di kota-kota seperti Los Angeles, New York, San Francisco, dan Tokyo.

Demo Immersive View asli menunjukkan lalu lintas langsung dan lokasi cuaca. Namun tampaknya yang terakhir belum muncul untuk mereka yang memiliki opsi navigasi baru.

Bisa jadi ini akan terjadi saat peluncuran ini berlangsung, tetapi belum jelas pada tahap ini. Fungsi lain yang disebut-sebut mencakup kemampuan untuk melihat ke dalam bangunan seperti restoran dan lainnya.

Saat aktif, Google Maps Immersive View memungkinkan pengguna menggunakan penggeser untuk menyesuaikan waktu. Hal tersebut untuk melihat seperti apa suatu daerah saat hari dan cuaca berlangsung. Hamparan berwarna menunjukkan periode sibuk dan sepi seperti tampilan 2D biasa.

Sisi lain, salah satu kelemahan potensial dari fitur baru ini adalah konsumsi datanya. Seorang pengguna melaporkan bahwa sekitar 30 menit bermain-main dengan fungsi baru Maps menghabiskan sekitar 2GB data.

Immersive View seharusnya diluncurkan kembali pada Februari, tetapi perlu waktu hampir sebulan untuk sampai ke pengguna. Namun, setidaknya sudah diluncurkan sekarang, sehingga pengguna dapat berharap untuk melihat lebih banyak kota dan fungsionalitas ditambahkan ke Immersive View yang menarik ini dalam beberapa bulan mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement