Senin 17 Apr 2023 17:41 WIB

Beginilah Cara Google Buat Browser Chrome Lebih Cepat di MacOS

Pengoptimalan itu menghasilkan peningkatan kecepatan yang signifikan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google telah melakukan beberapa pengoptimalan untuk browser Chrome versi MacOS. Pengoptimalan itu menghasilkan peningkatan kecepatan yang signifikan./ilustrasi
Foto: tangkapan layar google image
Google telah melakukan beberapa pengoptimalan untuk browser Chrome versi MacOS. Pengoptimalan itu menghasilkan peningkatan kecepatan yang signifikan./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Perusahaan multinasional pada jasa dan produk internet asal Amerika Serikat, Google telah melakukan beberapa pengoptimalan untuk browser Chrome versi MacOS. Pengoptimalan itu menghasilkan peningkatan kecepatan yang signifikan.

Hasilnya, kinerjanya pada benchmark browser Speedometer Apple telah melampaui level sebelumnya dan saat ini lebih cepat dari sebelumnya. Hal itu diungkapkan perusahaan tersebut dalam sebuah unggahan blog.

Baca Juga

Dilansir Gadgets Now pada Senin (17/4/2023), Google telah mengungkapkan bahwa versi terbaru Chrome telah mengalami upaya pengoptimalan yang signifikan untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensinya. Hal ini melibatkan penguraian yang lebih baik untuk fungsi CSS dan JavaScript tertentu, dan kompresi penunjuk yang lebih efisien.

Selain itu, pengoptimalan yang ditargetkan dibuat untuk fungsi yang umum digunakan, seperti Object.prototype.toString dan Array.prototype.join. Tim juga meningkatkan penguraian InterpolableColor dan innerHTML CSS untuk memperbarui DOM melalui JavaScript. Menariknya, pekerjaan ini juga diharapkan menguntungkan WebKit, karena mereka berencana untuk memasukkannya ke dalam mesin mereka. Pada akhirnya, pengoptimalan ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman web secara keseluruhan bagi semua pengguna.

Kompresi dan dekompresi penunjuk yang dioptimalkan Google di V8 dan Oilpan memastikan untuk tidak mengompresi bidang dengan lalu lintas tinggi. Objek yang sering diakses, seperti keterangan “tidak terdefinisi” dipindahkan ke awal basis memori untuk akses yang lebih cepat. Pengoptimalan ini menghasilkan peningkatan kinerja sebesar 10 persen pada Speedometer 2 Apple.

Google juga meningkatkan Chrome di ponsel kelas atas. Chrome di Android selalu dirancang untuk menggunakan sumber daya minimal, tetapi perangkat Android yang berbeda memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Untuk meningkatkan kinerja Chrome pada perangkat kelas atas, Google telah membuat versi yang memprioritaskan kecepatan daripada ukuran biner. Versi ini menggunakan flag compiler yang disetel untuk kecepatan dan menjalankan benchmark Speedometer 2.1 30 persen lebih cepat pada perangkat yang mampu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement