Senin 10 Apr 2023 10:34 WIB

Mesin Pencari Google akan Segera Didukung Teknologi AI

Google memakai teknologi AI untuk meningkatkan pengalaman pengguna mesin pencari.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
 CEO Google Sundar Pichai mengumumkan bahwa mesin pencari Google akan mendapatkan dukungan kecerdasan buatan (AI)
Foto: AP Photo/J. Scott Applewhite
CEO Google Sundar Pichai mengumumkan bahwa mesin pencari Google akan mendapatkan dukungan kecerdasan buatan (AI)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--- CEO Sundar Pichai mengumumkan bahwa mesin pencari Google akan mendapatkan dukungan kecerdasan buatan (AI). Menariknya, langkah baru Google ini terinspirasi dari integrasi Microsoft ChatGPT ke dalam mesin pencarinya, Bing.

Mesin pencari Microsoft tidak hanya memiliki kemampuan percakapan tetapi juga mendukung generator gambar AI.

Baca Juga

Google telah meluncurkan chatbot Bard, jawabannya untuk kehadiran ChatGPT. Tetapi raksasa teknologi itu gagal mendapatkan daya tarik sebanyak yang dilakukan ChatGPT.

Dilansir dari India Today, Senin (10/4/2023), Bard juga disebut kurang dapat diandalkan dibandingkan dua model AI lainnya yang beroperasi di pasar. Namun, Google ingin meningkatkan model bahasanya untuk membuat alat AI-nya lebih akurat dan responsif.

Menurut sebuah laporan oleh Wall Street Journal, Pichai telah mengumumkan bahwa perusahaan akan menggunakan AI di mesin pencarinya. Keputusan ini diambil sebagai tanggapan atas persaingan dari ChatGPT OpenAI dan lainnya.

Pichai percaya bahwa AI akan meningkatkan kapasitas Google untuk menanggapi berbagai permintaan pencarian. Namun, dia membantah bahwa chatbot mengancam bisnis pencarian Google, yang menghasilkan lebih dari setengah pendapatan Alphabet Inc.

Large Language models (LLMs) adalah program komputer yang dapat meniru respons manusia terhadap pertanyaan dan Google telah menjadi pionir dalam bidang ini.

Perusahaan sekarang akan menggunakan teknologi untuk meningkatkan pengalaman pengguna di mesin pencarinya. Pichai menegaskan bahwa orang akan dapat mengajukan pertanyaan Google dan terlibat dengan LLM dalam konteks pencarian, seperti bagaimana mereka dapat berinteraksi dengan ChatGPT.

Pengaturan saat ini yang dimiliki Google tidak memungkinkan pengguna untuk terlibat dalam percakapan dengan pengguna. Jika Anda meminta sesuatu, Anda mungkin mendapatkan beberapa tautan yang terkait dengan permintaan Anda, tetapi persyaratan atau pengetahuan yang mendalam tidak ada. Di situlah chip AI masuk.

Laporan tersebut menyatakan bahwa Google saat ini menghadapi tekanan investor untuk memangkas biaya dan persaingan dari versi Microsoft yang disempurnakan dari mesin pencari Bing yang didukung oleh ChatGPT. CEO Microsoft Satya Nadella percaya bahwa mesin pencari bertenaga AI akan membentuk kembali setiap kategori perangkat lunak, termasuk pencarian, seperti kemajuan sebelumnya dalam komputer pribadi dan komputasi awan.

Chatbot Bard Google, yang belum mendapatkan daya tarik, belum menerima banyak perhatian konsumen, menurut Pichai. Dia menjelaskan bahwa bisnisnya “berulang untuk mengirimkan sesuatu, dan mungkin lini masa perusahaan berubah, mengingat momen di industri ini”. Meskipun demikian, Pichai mengungkapkan kegembiraannya atas antusiasme konsumen yang luar biasa seputar adopsi teknologi ini.

Integrasi AI Google ke dalam mesin pencarinya menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan mengikuti persaingan. Pengguna LLM di mesin pencari merupakan perkembangan yang relatif baru yang berpotensi membentuk kembali industri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement