Senin 02 Jan 2023 16:33 WIB

Jurus Mudah Kelola Gmail Anda

Ada cara mudah untuk menghapus lampiran atau pesan berukuran besar di Gmail.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Logo Gmail.
Foto: Gmail
Logo Gmail.

REPUBLIKA.CO.ID, MUMBAI—Email tetap menjadi mode komunikasi resmi di dunia bahkan hingga hari ini. Namun, berurusan dengan email dalam jumlah besar bisa menjadi tugas yang berat ketika pengguna terbiasa dengan aplikasi WhatsApp, iMessage, dan DM Instagram.

Untuk mengatasi hal berikut, ada lima kiat Gmail yang akan membantu pengguna mengontrol dan mengatasi kotak masuk pada 2023. Dilansir dari Indian Express, Senin (2/1/2023), ini akan membantu pengguna melakukan segalanya mulai dari menggunakan pintasan keyboard dengan lebih baik, hingga menemukan dan menghapus pesan berukuran besar yang menghabiskan ruang berharga.

Baca Juga

  • Cara cepat pakai keyboard

Gmail memungkinkan penggunanya menekan 'Send' tanpa memerlukan mouse. Pengguna bisa mengirim email hanya dengan Ctrl+Enter.

Pengguna juga dapat menambahkan coretan di teks dengan kombo Alt+Shift+5. Selain itu, Gmail juga memungkinkan pengguna memeriksa semua shortcut ini dengan menekan Shift+? di jendela Gmail mana pun.

  • Hapus pesan berkapasitas besar

Menyesuaikan semua email dengan penyimpanan gratis Google sebesar 15GB bisa menjadi tantangan jika pengguna mendapatkan banyak email dengan lampiran besar.  Jika tidak memilih penyimpanan lebih banyak dengan membayar paket Google One, Gmail memiliki trik bagus untuk hanya menemukan pesan besar di kotak masuk sehingga pengguna dapat memilihnya sekaligus dan menyingkirkan mereka.

Caranya, cukup buka search bar di kotak masuk dan ketik ‘size:xm’ (tanpa koma terbalik). Perhatikan bahwa ‘x; di sini berarti nilai apa pun dalam MB.

Jadi, jika mengetik ‘size:10m’, Anda akan menemukan semua pesan di atas 10MB, sedangkan ‘size:20m’ akan menampilkan semua pesan di atas 20MB dan seterusnya. Anda dapat memilih batas kapasitas yang diinginkan dan menghapus semua pesan yang melewati batas.

  • Gunakan bintang berwarna untuk menandai email

Anda mungkin sudah menggunakan tanda bintang yang ditawarkan Gmail untuk menandai email penting yang dapat dilihat lagi nanti. Sebenarnya, Gmail memberi kemudahan agar pengguna memakai bintang berwarna untuk memisahkan antara berbagai kategori.

Untuk memakainya, buka Gmail Settings > See All Settings > General > Stars dan tarik bintang berwarna yang diinginkan dari bagian ‘Not in use’ ke bagian ‘In use’. Pengguna akan menemukan lima warna tambahan pada bintang kuning default, serta enam ikon lainnya seperti tanda seru merah dan tanda tanya ungu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement