Ahad 18 Dec 2022 17:09 WIB

Kejutan! Ilmuwan Temukan 2 Planet Kembar yang Setengahnya Terdiri dari Air

Dunia air ditemukan menggunakan teleksop Hubble dan Spitzer.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi planet.
Foto:

Temuan menunjukkan bahwa Kepler-138 c dan d, memiliki sifat yang sangat berbeda. Sebagian besar dari seluruh volumenya kemungkinan terdiri dari air. Ini adalah bukti terbaik untuk dunia air, sebuah jenis planet yang diteorikan oleh para astronom ada untuk waktu yang lama.

Dengan volume lebih dari tiga kali Bumi dan massa dua kali lebih besar, planet c dan d memiliki kepadatan yang jauh lebih rendah daripada Bumi. Ini mengejutkan karena sebagian besar planet hanya sedikit lebih besar dari Bumi yang telah dipelajari secara detail sejauh ini semuanya tampak seperti dunia berbatu.

“Bayangkan versi yang lebih besar dari Europa atau Enceladus, bulan-bulan kaya air yang mengorbit Jupiter dan Saturnus, tetapi lebih dekat ke bintang mereka,” jelas Piaulet. 

“Alih-alih permukaan es, mereka akan menyimpan selubung uap air yang besar.”

Para peneliti mengatakan planet-planet itu mungkin tidak memiliki lautan seperti yang ada di Bumi langsung di permukaan planet. Suhu di atmosfer Kepler-138 d kemungkinan besar berada di atas titik didih air. Ilmuwan menduga ada atmosfer tebal dan padat yang terbuat dari uap di planet ini. 

"Hanya di bawah atmosfer uap tersebut berpotensi menjadi air cair pada tekanan tinggi, atau bahkan air. dalam fase lain yang terjadi pada tekanan tinggi, yang disebut cairan superkritis," kata Piaulet.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement