Rabu 14 Dec 2022 09:15 WIB

Gebrakan Bidang Antariksa Tahun 2022, Ubah Orbit Asteroid Hingga Misi ke Bulan

Tahun 2022 menandai era baru eksplorasi di Bulan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Anggota tim selam Angkatan Laut AS kembali setelah Orion Capsule (C) NASA dibawa ke dek sumur U.S.S. Portland, setelah tercebur mengikuti Artemis I Moon Mission tanpa awak yang berhasil dilihat dari atas kapal U.S.S. Portland di Samudra Pasifik di lepas pantai Baja California, Meksiko, 11 Desember 2022. Sebuah misi 26 hari membawa pesawat ruang angkasa Orion ke bulan dan kembali yang menyelesaikan uji terbang bersejarah yang bertepatan dengan peringatan 50 tahun pendaratan Apollo 17 di bulan, terakhir kali astronot NASA berjalan ke sana.
Foto:

China Selesai Bangun Stasiun Luar Angkasa

Konstruksi dasar stasiun luar angkasa China selesai dibangun pada awal November. Pada 31 Oktober, China sukses meluncurkan Mengtian, modul ketiga dan terakhir untuk stasiun luar angkasa Tiangong. 

Artinya, Administrasi Luar Angkasa Nasional China telah menyelesaikan pembangunan pos orbit Tiangong berbentuk T, yang terdiri dari modul inti Tianhe dan modul eksperimen Wentian dan Mengtian.

China berencana untuk mengoperasikan Tiangong setidaknya selama bertahun-tahun. China bertujuan untuk membuat Tiangong sebagai rumah misi komersial di luar angkasa.

Peluncuran Misi Artemis 1

Era baru eksplorasi luar angkasa Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika (NASA) telah dimulai. Pada 16 November, NASA meluncurkan misi Artemis 1. Artemis 1 mengirimkan pesawat ruang angkasa Orion dalam uji terbang tanpa awak mengelilingi bulan.

Orion kini telah kembali ke Bumi pada 11 Desember 2022. Selanjutnya, tim ilmuwan akan mempelajari data-data yang dihasilkan dalam misi Artemis 1.

Misi ini sebagai pembuktian untuk melihat apakah roket terkuat yakni SLS dan Orion siap membantu mengembalikan astronaut ke permukaan bulan pada 2025 di bawah program Artemis NASA.

 

sumber : pusat data republika/antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement