Rabu 02 Nov 2022 06:03 WIB

Di Usia 17 Tahun, Youtube Putuskan Luncurkan Tampilan Baru

Tampilan baru Youtube terinspirasi oleh pencahayaan TV.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Tampilan baru Youtube di usia 17 tahun. Tampilan baru Youtube terinspirasi oleh pencahayaan TV. Di Usia 17 Tahun, Youtube Putuskan Luncurkan Tampilan Baru
Foto: SoyaCincau
Tampilan baru Youtube di usia 17 tahun. Tampilan baru Youtube terinspirasi oleh pencahayaan TV. Di Usia 17 Tahun, Youtube Putuskan Luncurkan Tampilan Baru

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Sulit dipercaya sudah 17 tahun sejak Youtube ditayangkan, dan platform streaming video paling populer di dunia telah memutuskan sudah waktunya untuk perubahan ringan. Perusahaan tersebut meluncurkan desain ulang yang menambahkan beberapa warna ke antarmuka tradisional minimalis yang bertujuan menekankan pada video-video yang dihostingnya.

Mode Ambien dan Tema Gelap 

Baca Juga

Dilansir dari Malay Mail, Jumat (28/10/2022), depan dan tengah adalah “mode ambient” baru yang mengalirkan sedikit warna dari video yang sedang diputar ke antarmuka lainnya. Ini mirip dengan pencahayaan sekitar yang ditemukan di bagian belakang TV kelas atas. Ini hanya tersedia menggunakan tema gelap, yang sekarang sepenuhnya hitam untuk menyorot fitur baru ini.

Seperti yang Anda harapkan, efek ini hanya terlihat saat video berada di luar mode layar penuh. Pencahayaan sekitar juga dapat ditemukan di daftar putar, yang kini juga menampilkan gambar mini video teratas dan informasi tambahan yang dapat diperoleh secara sekilas.

Tombol yang lebih kecil, tombol berlangganan yang lebih besar

Perubahan lainnya termasuk tombol yang diperkecil untuk interaksi yang sering digunakan seperti menyukai, berbagi, dan mengunduh. Di ujung spektrum yang berlawanan, tombol berlangganan kehilangan teks merah tetapi telah dibuat lebih besar dan lebih menonjol.

Revisi detail ini baru untuk aplikasi seluler Youtube dan mencerminkan desain yang sudah digunakan di versi web. Tautan Youtube dalam deskripsi video juga telah diganti dengan tombol-tombol.

Cubit untuk memperbesar dan mencari dengan tepat

Perubahan lebih dari sekadar tampilan—perusahaan meluncurkan beberapa fitur eksperimental sebelumnya di aplikasi seluler. Yang pertama adalah pinch to zoom, yang seperti namanya memungkinkan Anda memperbesar dan memperkecil video di perangkat iOS dan Android – dan mereka tetap diperbesar begitu Anda melepaskannya.

Fitur baru lainnya adalah pencarian yang tepat, yang memungkinkan Anda menelusuri video dengan baik, dengan cara yang mirip dengan video web di iPhone (ini tampaknya telah dihapus di iOS 16). Cukup geser ke atas sambil menggosok dan Anda akan dapat memilih bagian yang tepat dari video yang ingin Anda tonton—dipandu oleh deretan gambar mini di bagian bawah. Video akan tetap dijeda setelah Anda mengangkat jari, memungkinkan Anda menggulir thumbnails.

Youtube mengatakan antarmuka yang didesain ulang akan diluncurkan ke semua pengguna selama beberapa pekan ke depan.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement