Selasa 12 Mar 2024 09:13 WIB

Beragam Pertimbangan Sebelum Berlangganan YouTube Premium 

Streaming hanya dapat dilakukan secara bersamaan di maksimal dua perangkat.

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Setyanavidita livicansera
Youtube (ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Youtube (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Ketika Anda berlangganan YouTube Premium, Anda tidak hanya bisa menghindari iklan di YouTube dan YouTube Music, tetapi juga dapat menggunakan fitur-fitur seperti unduhan, kelanjutan video otomatis, PiP, dan kualitas video yang lebih baik. 

Namun sebelum Anda berlangganan, ada beberapa hal yang mungkin belum Anda ketahui terutama tentang YouTube dan layanan premiumnya terlebih dahulu, di antaranya: 

Baca Juga

1. Fitur eksperimental 

Dilansir Slashgear, Selasa (12/3/2024), salah satu manfaat berlangganan Premium adalah akses ke fitur eksperimental. Anggota premium memiliki hak istimewa untuk menjelajahi fitur-fitur yang baru dikembangkan terlebih dahulu sebelum tersedia untuk umum. Tetapi, Anda hanya dapat menggunakan satu eksperimen dalam satu waktu. 

Jika Anda merasa bosan dengan eksperimen pertama dan ingin bermain-main dengan opsi lain yang tersedia, Anda dapat dengan mudah mematikan eksperimen pertama dari halaman fitur yang sama. Setiap eksperimen hanya berjalan selama jangka waktu tertentu, yang dapat Anda temukan di deskripsi eksperimen. Sebelum periode berakhir, Anda bebas mengirimkan pemikiran dan masukan Anda ke YouTube. 

2. Ketentuan pada paket berlangganan

Youtube Premium memiliki paket langganan untuk individual, keluarga, pelajar dan tahunan. Langganan keluarga memiliki batasan tertentu. Pengelola akun keluarga dan kelima anggotanya harus tinggal di rumah yang sama, menggunakan akun Google biasa (bukan akun Google Workspace), dan tidak tergabung dalam grup keluarga lainnya. Pengelola keluarga nya juga harus berusia minimal 18 tahun, namun anggotanya boleh berusia minimal 13 tahun. 

Keanggotaan pelajar didasarkan pada kelayakan. Hanya pelajar penuh waktu di institusi yang diakui SheerID yang dapat memanfaatkan paket ini. Ada juga batasan durasi berlangganan yaitu maksimal empat tahun berturut-turut dengan verifikasi ulang tahunan atas status pelajar diperlukan. 

3. Batas streaming

Youtube memiliki film bebas iklan yang Anda dapatkan dengan berlangganan dan dapat diakses di aplikasi dengan membuka Anda > Film & TV anda > Gratis. Namun streaming tersebut hanya dapat dilakukan secara bersamaan di maksimal dua perangkat. Jika Anda berlangganan paket keluarga, Anda dapat menonton film di maksimal empat perangkat dalam satu waktu, tidak lebih dan tidak kurang. 

Dalam kedua kasus tersebut, perangkat keras yang berbeda (ponsel, tablet, atau komputer) dan perangkat lunak (peramban atau aplikasi) dianggap sebagai perangkat yang berbeda. Jadi, jika Anda mencoba melakukan streaming film di Chrome dan Edge di komputer yang sama dan di aplikasi YouTube di iPhone, Anda sudah melampaui batas. Pemutaran akan dijeda di salah satu perangkat Anda, dengan pesan kesalahan yang menyatakan bahwa konten sedang ditonton di tempat lain. 

4. Pembatasan pada video yang diunduh

Ada beberapa peringatan penting tentang video yang diunduh yang harus Anda waspadai. Dimulai dengan cara mengunduh konten YouTube, fitur ini hanya tersedia jika Anda menggunakan aplikasi YouTube di perangkat iOS dan Android serta browser Chrome, Firefox, Edge, dan Opera di komputer Anda. 

Peramban lain di luar keempat opsi ini belum menawarkan dukungan untuk pengunduhan. Video juga kedaluwarsa setelah 29 hari tanpa koneksi internet. Anda mungkin tidak mendapatkan kembali semua video yang diunduh setelah tersambung kembali ke internet. Pembuatan konten dapat mengubah izin pemutaran luring kontennya.

Sehingga beberapa video tidak lagi dapat diunduh dan otomatis hilang dari daftar Unduhan Anda. Hal penting lainnya yang perlu diingat tentang unduhan YouTube adalah meskipun disebut demikian, jangan berharap video tersebut mungkin di galeri Anda. Video disimpan ke perangkat Anda, namun dienkripsi dan hanya dapat dilihat menggunakan YouTube. Perlu diingat juga jumlah perangkat yang diizinkan untuk mengunduh video juga dibatasi hingga 10.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement