Kamis 25 Apr 2024 16:22 WIB

Video YouTube Pertama Diposting 19 Tahun Lalu, tentang Kunjungan ke Kebun Binatang

Video YouTube pertama telah ditonton lebih dari 317 juta kali.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
YouTube kini merupakan salah satu aplikasi populer, dengan banyak kreator konten lintas negara berbagi video di platform tersebut.
Foto: Unsplash
YouTube kini merupakan salah satu aplikasi populer, dengan banyak kreator konten lintas negara berbagi video di platform tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- YouTube kini merupakan salah satu aplikasi populer, dengan banyak kreator konten lintas negara berbagi video di platform tersebut. Pendahulu dari semua itu adalah video YouTube pertama yang diunggah 19 tahun lalu, tepatnya pada 23 April 2005.

Dikutip dari laman Yahoo Tech, klip berdurasi 19 detik tersebut diunggah oleh salah satu pendiri YouTube, Jawed Karim. Dibandingkan dengan berbagai video yang ada saat ini, durasi dan kualitas video itu terbilang sangat kurang, tapi terkompensasi dengan daya tariknya.

Baca Juga

Saat itu, Karim masih berusia 25 tahun, dan merupakan salah satu pendiri dan insinyur perangkat lunak YouTube. Videonya yang berjudul "Me at the zoo" terbagi menjadi tiga segmen, yaitu "Intro", "Hal yang keren", dan "Akhir".

Tayangan itu memperlihatkan Karim, yang kini berusia 44 tahun, sedang berkunjung ke kebun binatang.  Secara khusus, video tersebut menunjukkan Karim sedang berdiri di depan beberapa ekor gajah di Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat.

"Baiklah, jadi di sinilah kita, di depan para gajah. Hal yang keren tentang mereka adalah mereka memiliki belalai yang sangat, sangat, sangat panjang. Dan itu keren," ucap Karim dalam video. Setelah melihat sekilas kembali ke kandang gajah, Karim menutup videonya. "Dan hanya itu saja yang bisa dikatakan," kata dia.

Kini, video Karim telah ditonton lebih dari 317 juta kali serta disukai lebih dari 16 juta pengguna. Video tersebut diunggah sebulan sebelum YouTube tersedia untuk umum pada Mei 2025. Awalnya, YouTube hanya dikunjungi sekitar 30 ribu pengunjung per hari.

Selanjutnya, saat YouTube diluncurkan dalam kapasitas resminya pada 15 Desember 2005, platform tersebut menarik lebih dari dua juta penayangan video setiap hari. Karim bersama pendiri YouTube lainnya, Steve Chen dan Chad Hurley, semuanya merupakan karyawan awal PayPal. 

Mereka pada akhirnya menjual YouTube ke Google seharga 1,65 miliar dolar AS (kini setara dengan Rp 26,66 triliun) pada November 2006. Menurut New York Times, saat YouTube diluncurkan, Karim tidak pernah mengambil gaji dan tunjangan, bahkan tak punya jabatan formal.

Karim menerima gelar master di bidang ilmu komputer, dengan tujuan akhir menjadi seorang profesor. Per Januari 2024, video yang paling banyak ditonton di YouTube bukanlah klip kebun binatang, melainkan video musik dan lagu anak-anak.

Peringkat pertama didapat "Baby Shark Dance" yang telah ditonton lebih dari 14 miliar kali. Posisi kedua dalam daftar adalah lagu "Despacito" karya Luis Fonsi dan Daddy Yankee, yang ditonton lebih dari delapan miliar kali. Menyusul lagu anak "Johny Johny Yes Papa", lagu anak "Bath Song", serta lagu pop "Shape of You" karya Ed Sheeran, yang masing-masing sudah ditonton lebih dari enam miliar kali.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement