Rabu 20 Mar 2024 05:06 WIB

YouTube Tetapkan Aturan Baru untuk Video 'Realistis' yang Dihasilkan AI

Kreator wajib menyertakan label khusus jika mengunggah video berbasis AI.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Logo Youtube di Smartphone
Foto: Pixabay
Logo Youtube di Smartphone

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- YouTube telah menetapkan aturan baru untuk memberi label pada video dengan tampilan realistis yang "dibuat dengan media yang diubah atau sintetis, termasuk kecerdasan buatan (AI) generatif. Tujuan aturan baru ini adalah demi transparansi.

Dilansir Engadget, Rabu (20/3/2024) YouTube mendefinisikan konten realistis sebagai segala sesuatu yang "mudah disalahartikan" oleh pemirsa sebagai orang, peristiwa, atau tempat sebenarnya. Kreator harus menyertakan label jika mereka menggunakan versi sintetis suara orang sungguhan untuk menarasikan video atau mengganti wajah seseorang dengan wajah orang lain. 

Baca Juga

Mereka juga harus menyertakan pengungkapan tersebut jika mereka mengubah rekaman peristiwa atau tempat nyata. Misalnya dengan memodifikasi lanskap kota yang ada atau membuatnya tampak seperti bangunan sungguhan sedang terbakar.

YouTube mengatakan bahwa mereka mungkin menerapkan salah satu label ini pada video jika pembuatnya belum melakukannya, "terutama jika konten yang diubah atau sintetis berpotensi membingungkan atau menyesatkan orang."

Tim mencatat bahwa meskipun mereka ingin memberikan waktu kepada pembuat konten untuk membiasakan diri dengan aturan baru, YouTube kemungkinan akan memberikan sanksi kepada mereka yang terus-menerus melanggar kebijakan dengan tidak menyertakan label pada saat yang seharusnya.

Dalam beberapa pekan mendatang, label ini akan muncul di YouTube. Kemunculannya dimulai dari aplikasi seluler, lalu desktop dan TV.

Label-label sebagian besar akan muncul dalam deskripsi yang diperluas, dengan memperhatikan bahwa video tersebut menyertakan “konten yang diubah atau sintetis,” menambahkan bahwa “suara atau visual telah diedit atau dihasilkan secara digital secara signifikan.”

Namun, jika menyangkut topik yang lebih sensitif (seperti berita, pemilu, keuangan, dan kesehatan), YouTube akan memberi label langsung pada pemutar video agar lebih menonjol.

Para kreator tidak perlu menyertakan label jika mereka hanya menggunakan AI generatif untuk membantu hal-hal seperti pembuatan skrip, menghasilkan ide untuk video, atau membuat teks secara otomatis. Label tidak diperlukan untuk "konten yang jelas-jelas tidak realistis" atau jika perubahannya tidak penting.

Pembuat konten yang menyesuaikan warna atau menggunakan efek khusus seperti menambahkan keburaman latar belakang saja tidak diharuskan menggunakan label konten yang diubah. Label konten itu  juga tidak diperlukan untuk video yang tidak akan menerapkan filter pencahayaan, filter kecantikan, atau penyempurnaan lainnya.

Selain itu, YouTube mengatakan pihaknya masih mengerjakan proses permintaan penghapusan yang diperbarui untuk konten sintetis atau konten yang diubah yang menggambarkan wajah atau suara seseorang yang nyata dan dapat diidentifikasi.

Mereka berencana untuk segera membagikan rincian lebih lanjut tentang prosedur yang diperbarui tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement