Selasa 09 Aug 2022 15:49 WIB

US Space Force Tes Anjing Robot untuk Berpatroli di Cape Canaveral

Robot anjing itu dibangun oleh Ghost Robotics.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Dua robot anjing milik Ghost Robotics Vision 60 Quadruped Unmanned Ground Vehicles (Q-UGVs) diperlihatkan di Cape Canaveral Space Force Station, Florida, AS, 28 Juli 2022.
Foto:

Robot dapat dioperasikan baik secara mandiri atau oleh pengontrol manusia dan bahkan dapat menanggapi perintah suara. Robot seperti anjing juga dapat berfungsi sebagai simpul komunikasi mini, membawa antena untuk memperluas jaringan dengan cepat di luar infrastruktur yang ada atau di lokasi di mana tidak ada infrastruktur seperti itu.

Robot-robot tersebut sebelumnya telah diuji oleh Angkatan Udara AS untuk tugas pertahanan perimeter dan sebagai bagian dari pengujian besar jaringan berbagi data Sistem Manajemen Pertempuran Tingkat Lanjut (ABMS). Dalam tes 2020 itu, anjing robot di Pangkalan Angkatan Udara Nellis di Nevada "menyediakan data penargetan serangan waktu nyata (real-time) ke operator Angkatan Udara AS (USAF) di Florida menggunakan tautan satelit Starlink, menurut CEO Ghost Robotics Jiren Parikh kepada The War Zone.

Ghost Robotics Q-UGV dirancang untuk tahan terhadap air dan cuaca, dan baru-baru ini didemonstrasikan dengan muatan seperti ekor yang memungkinkan mereka melakukan perjalanan di bawah air. Selain aplikasi militer mereka, anjing robot juga sedang diamati untuk digunakan dalam manajemen darurat, keselamatan publik, dan inspeksi industri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement