Rabu 23 Jan 2019 19:49 WIB

Robot Aibo Bisa Monitor Anak dan Lansia Jarak Jauh

Robot Aibo adalah robot anjing dengan kecerdasan buatan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Robot anjing Aibo.
Foto: the verge
Robot anjing Aibo.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Robot hewan dengan kecerdasan buatan Aibo produksi perusahaan elektronik Sony dalam waktu dekat akan dapat memonitor anak dan orang lanjut usia jarak jauh. Dengan kamera yang terletak di hidungnya, robot Aibo ini mampu menyimpan foto wajah dan nama hingga 10 orang.

“Robot ini bisa mengirimkan gambar atau foto orang yang termonitor saat menjelajah rumah pemiliknya ke perangkat seperti ponsel cerdas,”dalam keterangan Sony seperti dilansir Kyodo News, Rabu (23/1).

Sony akan meluncurkan Aibo dengan kemampuan baru tersebut pada pertengahan Februari. Sony bekerja sama dengan perusahaan keamanan Secom Co. untuk kemampuan baru Aibo.

Robot anjing Aibo juga akan dijual dalam model cokelat dan putih pada Februari. Sebelumnya, Aibo hanya tersedia warna putih.

Robot anjing tersebut kembali di Jepang sejak awal tahun lalu dengan pembaruan versi sebelumnya. Robot Aibo memulai debutnya pada 1999 dan sempat dihentikan pada 2006.

Robot Aibo menggunakan dua kamera di hidung dan ekor bagian atas. Selain itu, robot ini juga dilengkapi sensor untuk membedakan pemilik dan mengenali lingkungannya.

Tak hanya itu, robot ini juga mampu merespons kasih sayang yang ditunjukkan pemiliknya seperti pujian, senyum, dan belaian yang membentuk perilaku robot itu seiring jalannya waktu. Robot ini juga dapat mempelajari respons, seperti hal apa yang membuat pemiliknya bahagia.

Sony menyebut penjualan Aibo hingga Juli tahun lalu mencapai 20 ribu unit. Robot ini dibanderol 1.800 dolar AS belum termasuk pajak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement