Kamis 14 Jul 2022 05:50 WIB

Ilmuwan Sebut Planet yang Miliki Air tak Harus Mirip dengan Bumi

Kondisi seperti Bumi tidak diperlukan untuk keberadaan air cair jangka panjang.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi planet berbatu.
Foto:

 

Air di Bumi terus menjadi cair sebagian karena efek rumah kaca di atmosfer. Danau dan lautan sebagian besar masih cair, meskipun faktanya masih ada beberapa daerah yang tertutup es, seperti di kutub. 

Hasilnya, kehidupan dapat berkembang di planet kita. Ravit Helled, rekan penulis studi dari University of Zürich, menjelaskan bahwa salah satu alasan mengapa air bisa berbentuk cair di Bumi adalah atmosfernya.

"Dengan efek rumah kaca alami, ia memerangkap jumlah panas yang tepat untuk menciptakan kondisi yang tepat untuk lautan, sungai, dan hujan.”

Bagaimana planet non-Bumi bisa menjadi dunia air yang dapat dihuni?

Para ilmuwan melakukan simulasi berbagai kondisi planet yang potensial. Simulasi komputer memperhitungkan sejumlah variabel, seperti komposisi atmosfer, keluaran radiasi bintang induk, dan panas yang dihasilkan oleh planet itu sendiri. 

Mereka menemukan sesuatu yang menarik untuk planet dengan atmosfer purba yang besar. Ada kemungkinan bahwa beberapa planet tersebut memiliki permukaan dengan air cair.

“Dalam banyak kasus, atmosfer purba hilang karena radiasi intens dari bintang, terutama di planet yang dekat dengan bintangnya. Tetapi dalam kasus di mana atmosfer tetap ada, kondisi yang tepat untuk air cair dapat terjadi,” kata peneliti.

“Dalam kasus di mana panas panas bumi yang cukup mencapai permukaan, radiasi dari bintang seperti matahari bahkan tidak diperlukan sehingga kondisi yang berlaku di permukaan memungkinkan keberadaan air cair. Mungkin yang paling penting, hasil kami menunjukkan bahwa kondisi ini dapat bertahan untuk jangka waktu yang sangat lama, hingga puluhan miliar tahun,” jelasnya.

Apa yang mungkin dilakukan di planet dengan air cair yang tersisa lebih lama?

“Karena ketersediaan air cair kemungkinan merupakan prasyarat untuk kehidupan, dan kehidupan mungkin membutuhkan jutaan tahun untuk muncul di Bumi, ini dapat sangat memperluas cakrawala untuk pencarian bentuk kehidupan asing. Berdasarkan hasil kami, itu bahkan bisa muncul di apa yang disebut planet mengambang bebas, yang tidak mengorbit di sekitar bintang,” jelas rekan penulis studi Christoph Mordasini.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement