Sabtu 02 Jul 2022 01:02 WIB

Gaia, Proyek Ambisius untuk Memetakan Miliaran Bintang di Galaksi Bima Sakti

Misi Gaia telah mengidentifikasi setidaknya 2 miliar objek di galaksi Bima Sakti.

Foto selebaran yang tersedia 13 Juni 2022 oleh Badan Antariksa Eropa menunjukkan kesan artis dari satelit Gaia ESA yang mengamati Bima Sakti. Gambar latar belakang langit dikumpulkan dari data lebih dari 1,8 miliar bintang. Ini menunjukkan kecerahan total dan warna bintang yang diamati oleh Gaia yang dirilis sebagai bagian dari Rilis Data Awal 3 (Gaia EDR3) Gaia.
Foto:

 

Gaia melihat bintang tercepat di galaksi

Gaia dapat mengamati galaksi dalam enam dimensi ruang dan kecepatan. Ini memungkinkan para astronom untuk melacak kecepatan sekitar 33 juta bintang dan mendeteksi apakah mereka bergerak mendekat atau menjauh dari tata surya kita.

Informasi dhimpun yang Gaia membantu para peneliti mengamati formasi bintang. Manajer Misi Gaia, Uwe Lammers, mengatakan kepada DW, informasi ini dapat memberikan pemahaman baru tentang pembentukan dan sejarah matahari dan tata surya itu sendiri.

Gaia juga melihat gempa bintang

Bagaimana Anda mengetahui apakah ada gempa di bintang-bintang? Nah, Gaia dapat mengamati turbulensi seperti tsunami di permukaan matahari untuk mengidentifikasi apa yang disebut gempa bintang.

Gempa ini diamati melalui "kedipan" bintang dan riak gelo,bang yang dilepaskan saat gempa terjadi dan kemudian diubah menjadi suara. Mempelajari tentang getaran bintang ini, telah membantu para astronom lebih memahami apa yang terjadi di dalam bintang. Ini memberi kita gambaran tentang usia dan ukuran bintang.

Melihat sistem biner bintang dan lubang hitam

Gaia mengamati sistem bintang biner di galaksi Bima Sakti. Sistem biner dapat mencakup pasangan bintang atau bintang dan lubang hitam serta bintang dan planet yang saing mengorbit satu sama lain.

Melihat hal-hal tersebut dapat memungkinkan peneliti untuk menghitung massa bintang atau lubang hitam. Lubang hitam mengajarkan kita banyak tentang hukum alam.

Dalam rilis data berikutnya dari Gaia, para ilmuwan berharap dapat melihat detail lebih dari 20.000 exoplanet raksasa. Ini akan diperoleh dengan mengukur efek gravitasi mereka pada pergerakan bintang induknya. Mempelajari fenomena itu, akan memberi kita kejelasan yang lebih baik lagi tentang pembentukan tumbuhan di tata surya.  

 

 

https://www.dw.com/id/gaia-proyek-ambisius-untuk-memetakan-bima-sakti/a-62324212

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement