Jumat 24 Jun 2022 16:32 WIB

Fakta Jupiter, Planet Terbesar di Tata Surya

Jupiter berukuran lebih dari dua kali massa semua planet.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Friska Yolandha
Planet Jupiter terfoto melalui teleskop Hubble milik NASA di tahun 2014. Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya.
Foto:

4. Bintik Merah Besar Jupiter

Salah satu hal dari Jupiter yang terkenal adalah Bintik Merah Besar yang merupakan badai raksasa seperti badai yang berlangsung lebih dari 300 tahun. Menurut NASA, Bintik Merah Besar di bagian terluasnya berukuran sekitar dua kali ukuran Bumi dan tepinya berputar berlawanan arah jarum jam di sekitar pusatnya dengan kecepatan sekitar 270 hingga 425 mph.

Warna badai, yang biasanya bervariasi dari merah bata hingga agak coklat, mungkin berasal dari sejumlah kecil belerang dan fosfor dalam kristal amonia di awan Jupiter. Jupiter juga memiliki banyak badai lainnya. Menurut data 2022 dari Juno, siklon kutub raksasa Jupiter didorong oleh konveksi atau panas yang naik dari ketinggian yang lebih rendah ke atmosfer yang lebih tinggi, mirip dengan cara pusaran laut bekerja di bumi.

5. Cincin Jupiter

Jupiter memiliki tiga cincin. Cincin tersebut ditemukan oleh pesawat ruang angkasa NASA Voyager 1 di sekitar ekuator planet tahun 1979. Cincin tersebut jauh lebih renggang dibandingkan milik Saturnus. Menurut Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA, cincin Jupiter terbuat dari aliran partikel debu yang terus menerus dipancarkan oleh beberapa bulan di planet.

6. Belum ada tanda kehidupan

 

Secara teoritis, sebuah studi tahun 2021 menemukan ada cukup air untuk mendukung kehidupan. Namun, para peneliti tidak menemukan bukti kehidupan di Jupiter. Ini berbeda dengan bulan-bulan Jupiter. Khususnya Europa dapat menampung lautan tersembunyi yang terlindung radiasi dan kehidupan laut mungkin mengapung di suatu tempat di perairan asing itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement