Senin 11 Apr 2022 15:58 WIB

Apa Itu Pengelola Kata Sandi dan Bagaimana Cara Pakainya?

Kebiasaan kata sandi yang buruk dapat berbahaya bagi keamanan digital Anda.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Password (ilustrasi)
Foto:

 

Anda juga dapat membagikan kata sandi dan dokumen sensitif dengan aman kepada keluarga dan teman jika diperlukan. Jika Anda berbelanja online, Anda dapat dengan mudah mengisi informasi kartu kredit Anda untuk melakukan pembelian tanpa harus memiliki kartu kredit fisik Anda.

Pengelola kata sandi juga dapat membantu Anda melawan phising. Bahkan jika upaya phishing menipu Anda untuk mengklik tautan berbahaya, itu tidak akan menipu pengelola kata sandi. Pengelola kata sandi Anda akan mendeteksi adanya URL berbeda dari situs yang biasa Anda masuki.

Cara mengatur pengelola kata sandi

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih pengelola kata sandi dan menyiapkan akun. Beberapa pengelola kata sandi memiliki layanan gratis yang biasanya mencakup semua fitur dasar yang Anda perlukan, tetapi Anda dapat membayar mulai dari 35 hingga 60 dolar AS per tahun untuk paket premium.

Saat menyiapkan akun, Anda akan diminta untuk membuat kata sandi utama. Ini adalah satu-satunya kata sandi yang harus Anda ingat dan cukup rumit untuk membuat orang lain sulit menebaknya. Selain itu, pastikan kata sandi utama Anda bukan salah satu dari kata sandi yang sudah Anda gunakan di situs lain.

Setelah Anda siap dengan akun dan kata sandi utama, Anda dapat mengunduh perangkat lunak. Biasanya, Anda akan diminta untuk mengunduh aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan saat menyiapkan akun, seperti iOS, Android, Windows, atau MacOS.

Selanjutnya, Anda harus menambahkan kata sandi Anda ke pengelola kata sandi. Sebagian besar pengelola kata sandi menawarkan cara mudah untuk mengimpor kata sandi dari berbagai lokasi, baik itu browser, spreadsheet, atau pengelola kata sandi lainnya. Anda juga dapat memasukkan kata sandi Anda secara manual.

 

Kemudian pengelola kata sandi akan menawarkan layanan untuk mengisi informasi masuk saat Anda mengunjungi situs yang Anda gunakan secara online. Ini juga akan menawarkan untuk menyimpan kredensial login baru yang aman pada akun baru yang Anda buat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement